Usulan RUU Permusikan, Hanya Memberikan Usulan, Anang Menjadi Terdakwa Utama RUU Permusikan
Unik, Informatif , Inspiratif

Hanya Memberikan Usulan, Anang Menjadi Terdakwa Utama RUU Permusikan

0

Seorang musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji, prihatin dengan musisi yang kini menjabat juga sebagai anggota DPR Anang Hermansyah karena dianggap sebagai sebagai biang keladi munculnya RUU Permusikan.

BACA JUGA: Ratusan Musisi Protes Usulan RUU Permusikan

Usai tampil dalam acara pesta pribadi di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Rabu 6 Februari 2019, Anji mengatakan bahwa yang bertugas membuat undang-undang itu bukan Anang. Anang hanya menypmpaikan usulannya, ia sebagai fasilitator dari suara musisi.

Rasa prihatin Anji membuat Anji mencari tahu informasi seputar RUU permusikan dari Anang langsung. Datangnya Anji ke Anang dianggap Anji membela Anang.

“Padahal bukan begitu. Di antara semua keriuhan pembahasan RUU Permusikan, siapa yang harus ditanyai? Ya Ananglah. Siapa lagi? Dia yang harus ditanyai, karena dia yang paling disorot,” kata Anji.

Kenapa RUU Permusikan banyak menuai kritik?

RUU ini juga dinilai bertolak belakang dengan UU Pemajuan Kebudayaan, serta bertentangan dengan Pasal 28 UUD 1945 yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam negara demokrasi.

Penyanyi Rara Sekar, berpendapat, ada banyak ketidakjelasan redaksional atau bunyi Pasal dalam RUU Permusikan. “Ketidakjelasan ‘siapa’ dan ‘apa’ yang diatur, hingga persoalan mendasar atas jaminan kebebasan berekspresi dalam bermusik,” paparnya.

Dari 19 pasal yang dinilai bermasalah, termasuk pula Pasal 5 yang dianggap merupakan pasal karet. Pasal ini melarang pekerja musik membuat karya yang memprovokasi, menistakan agama, serta mendorong khalayak umum melakukan tindakan melawan hukum.

Beberapa musisi berpendapat, ini mengingatkan kembali batasan untuk berkarya saat Orde Baru.

“Pasal karet seperti ini membukakan ruang bagi kelompok penguasa atau siapapun untuk mempersekusi proses kreasi yang tidak mereka sukai” kata Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca.

BACA JUGA: Sederetan Nama Musisi Tanah Air Ini Telah Mantap Berhijrah

RUU Permusikan juga dianggap mengancam kesejahteraan musisi, terutama mereka yang berkarya di jalur independen. Pasal lain yang juga membuat pelaku musik tak tinggal diam, yakni Pasal 32 yang menjelaskan tentang uji kompetensi musisi.  []

SUMBER: SUARA | TRIBUNNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.