Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti
Foto: Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti

Hardiknas, Retno Listyarti: Pelajar Harus Belajar Menerima Keberagaman

INSPIRADATA. 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), namun masih ada sejumlah catatan dalam dunia pendidikan di Tanah Air.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mencatat, setidaknya ada dua catatan mengenai kondisi pendidikan saat ini yang perlu dicermati.

“Pertama, kekerasan dalam pendidikan yang semakin masif dan mengerikan dan kedua berkurangnya sikap toleran dalam menerima keberagaman, dan menurunnya nilai-nilai kebangsaan di sekolah. Kedua hal tersebut terkait dengan karakter,” ujar Retno di Jakarta. Seperti disitat dari Okezone, Senin (1/5/2017).

Sementara itu, Pengamat Pendidikan Doni Koesoema menilai pendidikan karakter harus menjadi poros dan roh dalam mengelola pendidikan nasional.

“Untuk itu, perlu komitmen dan konsistensi pemerintah melalui regulasi yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, pengembangan budaya sekolah sebagai komunitas moral pembelajar, dan membangun kolaborasi dengan masyarakat secara fair dan adil dalam peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Doni.

Doni menambahkan, filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara melalui empat dimensi pengolahan hidup, olah rasa, olah pikir, olah hati, dan olah raga, harus dikembalikan dalam setiap kinerja pendidikan. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *