Unik, Informatif , Inspiratif

Hari Arafah, Petugas Haji Indonesia Akan Sweeping Mekkah

0

Petugas Haji Indonesia akan melakukan sweeping atau menyisir hotel-hotel di Mekkah untuk memastikan tak ada yang tertinggal, karena Tanggal 8 Dzulhijah atau 19 Agustus mendatang semua jemaah akan diberangkatkan ke Arafah.

BACA JUGA: Bang Haji, yang Tak Pernah Redup Namanya di Indonesia

“Pada tanggal 19 Agustus setiap petugas kita harus memastikan betul bahwa seluruh jamaah yang ada dalam tanggung jawab kita semuanya harus sudah berada di Arafah setidak-tidaknya pada tanggal 8 zulhijah malam,” ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Hal itu disampaikan Lukman dalam pengarahan kepada petugas haji jelang pelaksanaan kegiatan di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) di hotel Al Wehdah Tower 1, Jarwal, Mekah, Rabu (15/8/2018) malam.

Jemaah akan diberangkatkan dalam tiga fase yakni pagi hari pukul 08.00, pukul 12.00 dan pukul 16.00.

“Mengapa harus dipilah menjadi tiga tahap karena karena besarnya jumlah jemaah kita, oleh karenanya harus dilakukan secara berngansur-angsur,” ujar Lukman yang juga merupakan amirul hajj ini.

Setelah tiga fase pemberangkatan itu, tugas petugas belum selesai. Harus dipastikan tidak ada jemaah yang tertinggal. Karena jemaah yang tidak berada di Arafah pada waktu wukuf 9 Dzulhijah maka ibadah haji jemaah tersebut tidak sah.

Jemaah haji Indonesia menempati 164 hotel yang tersebar merata di sudut-sudut kota Mekah. Penyisiran akan dilakukan petugas di 164 hotel ini dan wilayah-wilayah sekitarnya.

“Saya minta pada tanggal 8 Dzulhijah malam saya minta sweeping pada seluruh sudut di Kota Mekah ini. Dilakukan secara masif, tidak ada satupun jemaah kita yang tidak terangkut menuju Arafah.

BACA JUGA: Tak Pernah Disangka, Dua Santri Ini Naik Haji Gratis atas Undangan Raja Salman

Dan kita sudah melakukan pembahasan cukup serius terkait tentang bagaimana operasionalisasi sweeping ini agar apa yang bisa apakah yang kita rencanakan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Lukman. []

SUMBER: DETIK


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.