Hari Buruh
Foto: Hari Buruh

Hari Buruh Nasional 1 Mei 2017, Ribuan Buruh akan Serbu Istana!

Hari Buruh
Foto: Hari Buruh

INSPIRADATA. Ketua Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Amir Mahfudz mengatakan, sekitar 20 ribu buruh akan menyambangi istana dalam rangka Hari Buruh 1 Mei 2017. Dalam kunjungan ke istana itu mereka membawa tuntutan, diantaranya penghapusan sistem out sourching dan sistem kerja pemagangan. Demikian disitat dari Republika pada Jumat (28/4/2017).

“Insya Allah jika tidak ada halangan, kami akan membawa 20 ribu buruh FSPMI dari Bekasi yang akan diberangkatkan ke Jakarta. Jumlah tersebut hanya gabungan dari FSPMI saja, belum yang lainnya,” ujar Amir.

Tuntutan yang akan dibawa pada Hari Buruh tahun ini adalah penghapusan out sourching dan menolak sistem kerja pemagangan, jaminan kesehatan, serta ketenagakerjaan. “Dalam hal ini adalah iuran BPJS yang harus diefektifkan,” tutur Amir.

Selain itu, para Buruh juga akan menuntut kenaikan upah dengan menyoroti Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dalam pelaksanaannya nanti, Buruh akan berkumpul di sejumlah titik. Yaitu kawasan industri MM2100, kawasan EJIP (East Jakarta Industrial Park), kawasan Jababeka, kawasan Gobel, dan kawasan Kota Bekasi. Untuk aksi ini mayoritas buruh berasal dari Kabupaten Bekasi.

“Kebanyakan buruh berasal dari Kabupaten Bekasi. Kalau yang dari kota itu kurang lebih berjumlah seribu sampai dua ribu orang,” ujar Amir. Keberangkatan buruh dari bekasi ini dijadwalkan pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa bus.

BACA JUGA: 

Jadi Orang Ini yang Memulai Karangan Bunga untuk Ahok!

Ingin Foto Bareng Ahok, Warga DKI Wajib Penuhi Syarat Ini!

Setelah sampai di Jakarta, kita akan turun di Bundaran HI, lalu melakukan long march menuju istana Negara,” pungkas Amir. Dalam aksi tersebut mereka juga akan membawa alat propaganda seperti spanduk, bendera atau pemflet yang bertuliskan tuntutan dari Buruh. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *