PT KAI (Foto: Sindo)

Hari Pahlawan, Kereta Api Indonesia Akan Gratiskan Tiket bagi Para Veteran

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menggratiskan tiket kereta api bagi para veteran yang hendak bepergian, pada Jumat (10/11/2017) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

“Program gratis naik kereta api tersebut sebagai penghargaan PT KAI atas jasa-jasa para veteran yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (09/11/2017) lansir Antara.

Dia menjelaskan seluruh veteran di Indonesia yang memiliki kartu anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dapat menggunakan kereta api secara gratis pada 10 November 2017 untuk KA jarak jauh dan menengah.

“Bagi para veteran yang sudah membeli atau memiliki tiket dengan tarif reduksi veteran, biaya tiketnya akan kami kembalikan 100 persen di stasiun kedatangan dengan batas maksimal pengambilan bea sampai dengan tiga hari setelah jadwal kedatangan kereta,” kata dia.

Ia menjelaskan ada beberapa ketentuan dalam program gratis naik kereta api tersebut, yakni penumpang adalah anggota LVRI yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota LVRI, pemesanan/pembelian tiket kereta dengan reduksi 100 persen hanya dilayani di loket stasiun untuk keberangkatan pada 10 November 2017.

“Pada saat pemesanan atau pembelian tiket KA, penumpang wajib memberikan fotokopi kartu tanda anggota LVRI kepada petugas loket, sehingga para veteran bisa mendapatkan tiket kereta secara gratis,” ucapnya.

Luqman mengatakan tiket kereta api gratis tersebut dapat dibatalkan, namun tidak dapat diubah jadwalnya, dan tiket diskon itu tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya, serta saat proses boarding, penumpang wajib menunjukkan kartu tanda anggota LVRI.

“Khusus di wilayah Daop 9 Jember, para veteran bisa mendapatkan tiket kereta api gratis untuk KA Mutiara Timur Siang dan Malam, KA Ranggajati, KA Logawa, KA Sritanjung, KA Tawangalun, KA Probowangi, kecuali KA Pandanwangi yang merupakan kereta lokal relasi Jember-Banyuwangi,” katanya.

Di Daop 9 Jember setiap hari tercatat ada tujuh perjalanan KA jarak menengah dan jarak jauh ke berbagai kota tujuan, yakni KA Ranggajati relasi Jember-Surabaya-Cirebon, KA Logawa relasi Jember-Surabaya-Purwokerto, KA Probowangi relasi Banyuwangi-Jember-Surabaya.

Selain itu, KA Sri tanjung relasi BAnyuwangi-Jember-Surabaya-Yogyakarta, KA Mutiara Timur siang dan Mutiara Timur malam relasi Banyuwangi-Jember-Surabaya, dan KA TawangAlun relasi Banyuwangi-Jember-Malang. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *