Unik, Informatif , Inspiratif

Hari Pers Nasional: Ini 5 Penyakit yang Biasa Serang Wartawan, Hati-hati!

0

Di Hari Pers Nasional yang diperingati pada tanggal 9 Februari, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek memperhatikan kesehatan para wartawan.

Ia menganjurkan wartawan untuk memeriksa kesehatan secara rutin mengingat jam kerja yang tak menentu dan tugas deadline yang cukup berat.

“Dua puluh persen itu penyakit dipengaruhi oleh perilaku. Ayo wartawan Indonesia jaga kesehatan. Selamat Hari Pers Nasional ya,” ungkap Menkes.

Kebiasaan kerja para wartawan yang seperti itu tidak dipungkiri bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti dilansir detikHealth, berikut gangguan-gangguan kesehatan yang sering diidap wartawan.

1. Mag

Jam kerja yang tak menentu pasti membuat wartawan memiliki jam makan yang tak menentu juga. Pola makan yang tidak teratur kerap membuat wartawan diserang penyakit mag. Baik mag biasa hingga mag kronis.

2. Tifus

Tifus menjadi salah satu penyakit yang kerap diidap wartawan karena mobilitas kerja yang sangat tinggi. Ditambah jam tidur yang sedikit dan tidak teratur juga bisa melemahkan fisik dan sistem kekebalan tubuh.

3. Stres

Stres mudah sekali datang pada pekerja yang memiliki tekanan cukup tinggi pada pekerjaannya, salah satunya sebagai wartawan. Deadline berita seorang wartawan bisa membuat ketegangan saraf yang akhirnya menimbulkan rasa stres, bahkan depresi.

4. Gangguan saraf

Wartawan lapangan terutama mengandalkan fisik yang prima untuk menjalani tugas. Berjalan dan berlari mungkin hal biasa, belum lagi membawa beban berat seperti kamera bisa membuat wartawan pegal-pegal dan bahkan alami gangguan saraf.

5. Gangguan tulang dan sendi

Tidak jarang wartawan ditempatkan di wilayah yang cukup berbahaya dan membutuhkan kekuatan sekaligus ketangkasan tubuh. Jika tidak terlatih dengan baik, bisa saja hal ini justru mencederai mereka.

Atau wartawan yang duduk sepanjang hari di hadapan komputer untuk membuat berita bisa meningkatkan risiko gangguan tulang dan sendi. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline