Foto: Kemenag.go.id

Harumkan Indonesia, Siswa Madrasah Ini Raih Mendali Perak di Ajang Internasional

Foto: Kemenag.go.id

INSPIRADATA. Arkananta Rasenderiya, Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Malang, meraih medali perak dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) 2016 di Bali pada 11 Desember 2016. Arkananta meraih medali untuk dua kategori, individu dan kelompok.

“Untuk mengikuti ISJO ini saya menempuh seleksi yang panjang dari tingkat madrasah, kota, provinsi, hingga di OSN (Olimpiade Sains Nasional) 2016. Alhamdulillah, di OSN 2016 saya meraih medali perunggu,” ujar Arkananta dikutip dari kemenag.go.id, Selasa 13 Desember 2016.

Arkananta mengatakan, para pemenang OSN 2016 diminta menjalani Training Center (TC) selama 3,5 bulan. Latihan itu diselenggarakan di tiga kota yaitu Bogor, Bandung, dan Jakarta.

Para peserta akan menjadi 30 besar, lalu 15 besar, dan diambil 12 besar. Setelah itu mereka diikutkan dalam IJSO 2016.

“Alhamdulillah, saya termasuk salah satu dari 12 peserta dari Indonesia. Tentu prestasi ini datangnya dari Allah SWT. Saya berterima kasih kepada kedua orangtua, guru, dan teman-teman atas doanya,” kata Arkananta.

Keberhasilannya meraih medali perak, ia berhak mengantongi uang pembinaan sebesar Rp10 juta. Dalam timnya, Arkantabersaing bersama rekan-rekannya seperti Nixon Widjaja daru SMPK IPEKA Plus BSD dan Raymond Valentino dari SMP Santo Carolus.

Dilansir Dream, acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. Setidaknya tercatat 276 peserta dari 48 negara. Beberapa negara itu diataranya Taiwan, China, Jerman, Indonesia, Korea Selatan, Rusia, Belanda, Azerbaijan, Argentina, Arab Saudi, Malaysia, Thailang, Filipina, dan Kamboja.[]


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *