dzikir, Hati, Bersihkan dengan Berdzikir
Unik, Informatif , Inspiratif

Hati, Bersihkan dengan Berdzikir

0

Dzikir ialah salah satu perbuatan yang harus kita lakukan dalam rangka mengingat Sang Pencipta. Melalui dzikir, hidup kita akan lebih tenang dan tentram. Segala hiruk pikuk masalah dunia, akan terasa seperi angina berlalu yang hanya menjadi penguat keimanan kita.

Dengan berdzikir, maka hati seseorang juga akan bersih. Itulah kehebatan dari berdzikir.

Tahukah Anda, bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa seseorang yang senantiasa berdikir kepada-Nya? Hal ini dapat kita lihat dalam firman-Nya, “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempua yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar,” (QS. Al-Ahzab: 35).

Dalam firman Allah tersebut, telah jelas bahwa dengan berdzikir, Allah akan membersihakn hati seseorang dari segala dosa-dosanya. Itulah janji Allah, dan kita harus yakin bahwa Allah tidak akan mengingkari janji-Nya.

Maka dari itu, yakin dan percayalah bahwa kekuatan dzikir sangat menguntungkan untuk kita. Berdzikir dengan keseungguhan hati yang tulus, maka insya Allah, Allah akan membersihkan hati kita.

Berdzikir itu banyak macamnya. Bukan hanya ucapan lisan tapi dalam tindakan pun kita harus senantiasa berdikir kepada-Nya. Salah satu bentuk dzikir kita kepada Allah ialah shalat di awal waktu.

Shalat di awal waktu menunjukkan bahwa kita selalu ingat kepada Allah. Kita senantiasa mendahulukan kewajiban kita sebagai hamba Allah, yang harus menjalankan ibadah kepada-Nya.

Dzikir dapat kita lakukan di mana pun dan kapan pun, kecuali tempat-tempat yang memang menjijikkan atau tidak suci. Bukan hanya ketika selesai shalat saja kita itu berdikir, walau pun memang di saat itu pun kita dianjurkan untuk berdzikir.

Namun, dalam berbagai kesempatan pun kita harus bisa meluangkan waktu untuk membasahi bibir kita dengan lafadz-lafadz yang selalu mengingatkan kita kepada-Nya.

Kita bisa melakukan dzikir di perjalanan, di saat santai apalagi, bahkan di saat sedang berbicara pun kita dapat melakukannya. Dzikir itu sangatlah berharga bagi diri kita. Kekuatan dzikir dapat membantu meringankan dosa-dosa kita.

Hati kita yang penuh dengan debu hitam pekat nan kotor tiada tara, dapat menjadi bersih karena sesuatu yang indah yang keluar dari mulut kita. Maka dari itu, mari kita sama-sama bersihkan hati dengan selalu mengingat Allah melalui dzikir. Wallahu ‘alam. []

Disarikan dari Ust. Muhammad Arifin Ilham


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.