foto: Femina

Hati-Hati, 6 Jenis Kanker Ini Serang Reproduksi Wanita (1)

foto: Femina

INSPIRADATA. Kanker, penyakit yang mematikan ini memang perlu diwaspadai. Apalagi oleh kaum hawa. Kenapa? Karena banyak jenis kanker yang spesifik menyerang wanita. Tidak tanggung-tanggung, kanker  bahkan bias menyerang reproduksi wanita.

Dilansir dari Kawanku, Berikut ini jenis kanker yg menyerang reproduksi wanita:

Kanker rahim atau kanker endometrium. Tumbuh di lapisan dalam rahim, yaitu bagian sel yang memproduksi lendir dan cairan lainnya ataupun di jaringan luar rahim. Jika Anda nyeri panggul dan mengalami pendarahan di vagina meskipun tidak sedang haid, hal itu patut diwaspadai sebagai gejala awal kanker ini. Menurut Mayo Clinic, kanker rahim yang ditemukan sejak dini dapat meningkatkan harapan hidup pasien. Salah satu prosedur mengatasi kanker ini ialah dengan pengangkatan rahim agar sel kanker tidak menyebar ke organ lainnya.

Kanker servik  atau leher rahim. Ini merupakan jenis kanker yang paling umum. Kanker ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Virus ini bisa menular melalui hubungan seksual. Selain menyebabkan kanker serviks, HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin. Gejala kanker ini antara lain perdarahan abnormal, nyeri di daerah panggul, dan kembung. Untungnya sekarang sudah ada vaksin untuk mencegah kanker serviks ini.

Kanker ovarium. Jenis kanker ini menyerang sel telur. Menurut American Cancer Society, kanker ovarium merupakan penyebab kelima kematian akibat kanker pada wanita. Metode pengobatan terpaksa dengan pengangkatan ovarium untuk mencegah penyebaran. Gejala kanker ini antara lain nyeri panggul, sakit perut, kembung, penurunan nafsu makan, hingga masalah menstruasi.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *