Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-hati, 7 Makanan yang Dianggap Sehat Ini Sebenarnya Tidak Sehat!

0

Hidup sehat harus dibarengi dengan gaya hidup dan makanan yang sehat juga. Selain itu, olahraga juga menjadi hal yang tak kalah penting demi menjaga kesehatan.

Saat ini semakin banyak bermunculan produk-produk makanan sehat yang mengklaim manfaat baik selangit. Namun faktanya, ternyata tidak semua makanan sehat tersebut benar-benar memiliki manfaat sehat bagi tubuh.

1. Makanan bebas gluten
Kita tentu tahu bahwa makanan bebas gluten adalah makanan kaya serat yang baik bagi tubuh. Namun jika hal tersebut diklaim oleh produk pangan olahan, maka Anda perlu waspada. Untuk menggantikan gluten, produk-produk olahan ini kerap menggunakan beras, kentang, atau tepung tapioka, di mana justru cenderung membuat Anda merasa lebih cepat lapar.

2. Healthy bowl
Semangkuk penuh makanan sehat ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat. Bahan-bahan yang digunakan di dalamnya mengandung manfaat sehat yang tinggi, namun hanya untuk masing-masing saja. Ketika dicampurkan, justru terjadi reaksi gula, terutama dari perpaduan aneka buah yang digunakannya, di mana tentu kita tahu, dapat picu kenaikan kadar insulin di dalam tubuh.

3. Buah kering
Buah-buahan kering, seperti kismis, kerap dianggap sebagai camilan manis yang sehat. Namun perlu diwaspadai bahwa terkadang ada buah-buahan kering yang ditambahkan gula. Sekalipun tidak diberi gula tambahan, gula alami pada buah kering nyatanya akan berubah menjadi senyawa yang memiliki kadar kalori tinggi. Apabila mengonsumsinya secara berlebih, berisiko sebabkan kenaikan kadar gula dalam darah.

4. Minuman kesehatan
Ketika selesai berolahraga, tidak ada yang lebih baik dari air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Meskipun gembar-gembor iklan minuman isotonik mengklaim sebagai pengganti ion tubuh terbaik, tetap saja ada risiko kesehatan di dalamnya, yakni kandungan gula. Terlebih, produk minuman isotonik dibuat di pabrik dan menggunakan teknik kimia, sehingga berisiko picu kegemukan dan karang gigi jika mengonsumsinya terlalu sering.

5. Yogurt kemasan
Sangat sulit untuk memperoleh yogurt murni di kehidupan sehari-hari, kecuali jika Anda tinggal di dekat peternakan sapi perah. Kebanyakan yogurt yang dijual di pasaran, termasuk yogurt tawar, mengandung gula dan sedikit protein sehingga agak meragukan manfaat sehatnya.

6. Keripik sayuran
Banyak orang menganggap keripik sayuran lebih sehat dibandingkan keripik kentang atau keripik singkong. Faktanya hal tersebut tidak benar, karena ketika diproses menjadi keripik, sayuran akan kehilangan nutrisi dan serat alaminya. Alih-alih yang terjadi adalah kandungan lemak dan kalorinya kurang lebih sama dengan keripik kentang, apalagi jika ditambahi garam.

7. Jus organik dalam botol
Apapun namanya, ketika produk minuman dimasukkan ke dalam kemasan botol, ada kemungkinan ditambahkan gula dan pengawet guna meningkatkan daya pakainya. Selain itu, perlu diingat bahwa buah yang telah berubah bentuk menjadi jus berisiko kehilangan nutrisi, serat, dan vitamin dalam jumlah banyak. []

Sumber: Esquire


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.