Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-Hati, Ada Bahaya di Balik Sendawa

0 12

Saat bersendawa, tubuh Anda sedang mengeluarkan gas secara alami. Hal yang demikian sangat baik bagi kesehatan. Karena jika gas dalam tubuh tidak dikeluarkan, maka perut Anda bisa kembung dan kadang disertai dengan sakit perut.

Namun ada juga kondisi-kondisi tertentu yang dapat menyebabkan seseorang cenderung lebih sering bersendawa dan membuatnya merasa tidak nyaman. Situasi-situasi tersebut perlu Anda kenali agar dapat diantisipasi, yaitu:

1. Mengonsumsi beberapa kelompok makanan dan minuman yang dapat menimbulkan sendawa secara terus menerus, antara lain brokoli, kacang-kacangan, pisang, biji-bijian utuh, kismis, dan minuman berkarbonasi. Minuman keras, makanan kaya akan gula, tepung, dan serat juga dapat menyebabkan sering sendawa.

2. Mengonsumsi beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan sendawa atau gangguan yang menyebabkan sendawa, antara lain aspirin, ibuprofen, pereda nyeri (naproxen), obat pencahar seperti sorbitol dan laktulosa, acarbose untuk menangani diabetes tipe 2.

3. Menelan udara saat sedang cemas

4. Obesitas dan berpakaian ketat.
5. Mengidap penyakit tertentu yang membuat lebih banyak bersendawa akibat perut yang tidak nyaman, seperti:
-Penyakit reflux asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Kondisi ini diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan.

-Tukak lambung: luka pada perut, kerongkongan, dan usus halus bagian atas.

-Intoleransi laktosa: ketidakmampuan perut mencerna laktosa dalam susu.

-Sindrom dumping: gangguan yang menyebabkan perut kosong lebih dulu sebelum isinya tercerna dengan baik.

-Gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency): ketidakmampuan pankreas untuk menjalankan perannya melepaskan enzim untuk proses pencernaan.

-Gastritis atau peradangan pada dinding perut. []

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline