Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-Hati, Bergosip di Kota Ini Bisa Kena Denda loh

0

Dalam Islam gosip merupakan perbuatan yang dilarang. Di lingkungan masyarakat bergosip juga dinilai sebagai perbuatan yang buruk. Namun, sejauh ini belum ada undang-undang resmi yang mengatur tentang larangan bergosip tersebut.

Nah, baru-baru ini, aturan tersebut muncul di sebuah kota kecil di Filipina. Namanya Binalonan. Kota berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari Manila, ibu kota Filipina ini melarang warganya bergosip. Larangan ini ditetapkan oleh walikotanya, yakni amon Guico III.

Larangan bergosip diberlakukan oleh Ramon sebagai langkah untuk mengurangi tingkah julid penduduk dan meningkatkan produktivitas. Sebab menurut penuturannya, gosip makin berkembang pesat dengan bantuan teknologi dan tentunya media sosial.

Penyebarannya bertambah buruk ketika memasuki musim panas, karena warga biasanya lebih senang untuk saling mengobrol di bawah pohon sambil menikmati minuman ringan dan camilan sembari bertukar gosip. Hasilnya, gosip bisa memperburuk keadaan yang terjadi atau masalah yang menimpa sesama warga.

“Buang-buang waktu saja, kamu pasti tahu ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan (ketimbang bergosip),” katanya Ramon.

Inisiatif menekan gosip yang dibuat wali kota dengan peraturan anti gosip itu rupanya mendapat sambutan baik. Petugas hukum provinsi tidak menilai bahwa aturan ini melanggar kebebasan bicara, justru larangan ini akan melindungi penduduk dari fitnah.

Bagaimana jika larangan ini dilanggar? Sanksi atau dendanya tidak main-main loh. Siapa saja yang ketahuan menyebarkan, tak peduli kabar yang tersebar hanyalah pengulangan dari berita yang telah beredar, akan didenda 500 peso atau sekitar Rp 366 ribu, dan harus mengambil sampah pada sore hari. []

SUMBER: THE WALL STREET JOURNAL


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline