bahaya mainkan hp saat dicas
Foto: Gizmodo Australia

Hati-hati, Cas Ponsel Semalaman Bisa Bikin Meledak

Sering mengecas gadget atau laptop sambil tidur? Jika Anda mempunyai kebiasaan ini, sekarang mulai saatnya menghentikan kebiasaan ini. Mengapa? Ada sebuah kisah yang dialami seorang gadis asal Wales Utara bernama Caitlin Rae Durant (15) berikut ini.

Dikutip dari laman Dailymail.co.uk, karena kebiasaan buruknya mengecas gadget dalam waktu yang lama yakni selama semalam penuh, gadget Durant pun meledak. Atas meledaknya gadget Durant inilah, kamar tidur gadis tersebut sontak saja menjadi hangus terbakar. Beruntung, sebelum api menyambar tubuhnya, gadis manis tersebut bisa melarikan diri dalam kamar. Tapi sayang, semua benda-benda berharga Durant di kamar termasuk kasur, sprei kesayangan dan beberapa buku sekolah juga gadgetnya hangus terbakar.

BACA JUGA: Baterai Ponsel Diisi Charger Lain? Ini Dampaknya!

Dari beberapa laporan yang ada, Durant telah mengecas gadgetnya tersebut lebih dari 6 jam. Karena dicas terlalu lama, hal ini menyebabkan perangkat gadget tersebut menjadi panas dan rusak. Ketika gadget di cas dalam keadaan hidup dan dalam waktu lama, ini bisa saja menimbulkan masalah yang sangat serius. Ini juga sangat memungkinkan membuat gadget tersebut rusak hingga menyebabkan ledakan meski pun gadget tersebut adalah gadget dari merek ternama.

Petugas keselamatan di Wales Utara yakni Stuart Millington mengatakan, “Sebaiknya gadget di cas dalam keadaan mati. Jangan mengecas terlalu lama dan berlebihan karena ini akan menyebabkan bahaya dan kerusakan. Sebelum ditinggal pergi, alangkah baiknya jika cas tersebut dicabut atau dilepas. Jangan pernah meninggalkan gadget yang dicas dalam waktu lama dan tanpa pengawasan. Ini bisa sangat berbahaya.”

BACA JUGA: Hati-hati! Ini Bahaya Simpan Ponsel di Saku Celana bagi Pria

Atas apa yang terjadi pada gadget Durant, nampaknya tak hanya kamar tidurnya saja yang hangus terbakar. Beberapa bagian di rumahnya juga ikut terbakar. Saluran air di rumahnya pun rusak karena kebakaran yang ada. Namun beruntung, sebelum semuanya hangus terbakar, petugas pemadam kebakaran segera datang dan mematikan ganasnya api di sana.

Sudah sepatutnya kita selalu waspada ya. jangan sampai apa yang dialami Durant terulang kembali. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *