Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-Hati, Hoax Lowongan Kerja

0 40

Angka lulusan sekolah dan perguruan tinggi yang meningkat, angka pengangguran yang tinggi, ketatnya dunia kerja, sepertinya menjadi lahan subur bagi pelaku penipuan dunia kerja. Beragam modus para pelaku penipuan ini. Para korbannya seolah tak pernah curiga dengan cara-cara penipuan yang beragam.

Seperti 128 orang yang dilaporkan menjadi korban penipuan kabar hoax, terkait lowongan pekerjaan di PT Kereta Api Indonesia atau KAI. Melalui akun Twitter Korporasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) @keretaapikita, 128 orang itu dijanjikan akan menjadi pegawai KAI, dengan syarat menyerahkan sejumlah uang kepada seorang oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA: Mencari Lowongan Kerja On Line, Bagaiamana Caranya?

Melalui akun @keretaapikita, Senin 12 November 2018, dituliskan bahwa mereka dijanjikan akan menjadi pegawai KAI, setelah memberikan sejumlah uang kepada seorang oknum yang tidak bertagunggung jawab dan akan diberangkatkan ke Jogjakarta dengan menggunakan tiket palsu.

Atas instruksi palsu itu, maka 128 orang yang yang tertipu ini terlantar di Statsiun Gambir, Jakarta Pusat, pada Minggu Malam, 11 November 2018.

Terkait peristiwa 128 orang yang tertipu dan terlantar di statsiun Gambir, KAI mengimbau, agar masyarakat berhati-hati terhadap oknum yang menawarkan lowongan pekerjaan atau keemudahan menjadi pegawai KAI. Jika masyarakat menemui kecurigaan, KAI meminta masyarakat melaporkan melalui Contact Center KAI di 021-121 atau email [email protected] [email protected]

BACA JUGA: Jadi Korban Kabar Hoax, 128 Orang Terlantar di Gambir

KAI mengingatkan masyarakat bahwa informasi terkait dengan rekrutmen pegawai KAI hanya diumumkan melalui website https://recruitment.kai.id dan melalui sosial media resmi.
Diingat lagi bahwa, KAI tidak memungut biaya sepeserpun selama rekrut berlangsung. KAI juga tidak bekerja sama dengan biro perjalanan manapun selama rekrut berlangsung cuitnya lagi. []

SUMBER: VIVA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline