cara mandi junub dan haid
Foto: Maskoolin

Hati-hati, Ini 3 Dampak Buruk Jika Terlalu Sering Mandi

Berapa kali Anda mandi dalam sehari? 3 atau bahkan lebih. Ada juga orang yang mendi terlalu sering dalam sehari. Namun ternyata, ada dampak tidak baik jika kita terlalu sering mandi dalam sehari.

Sebuah fakta mengejutkan tentang mandi diungkapkan Dr. Joshua Zeichner, asisten profesor dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, New York. Dia mengatakan bahwa sering mandi sebenarnya tergolong ke dalam hal berbahaya namun berada dalam kategori hal baik.

Berikut tiga alasan mengapa mandi setiap hari berdampak buruk bagi tubuh Anda:

1. Kulit menjadi kering

Saat mandi, Anda menggunakan sabun dan exfoliant yang bisa membuat kulit terasa dan terlihat kering. Itu karena, ketika air menguap dari tubuh Anda, itu menghilangkan banyak kelembapan kulit.

Dermatologis mengatakan semakin banyak mandi, terutama dengan air panas, akan membuat kulit semakin kering. Mengapa? Karena Anda benar-benar membersihkan kulit dari minyak alami yang dibutuhkan untuk melembapkan kulit. Kulit yang kering bisa menjadi retak, selalin akan membuat kulit tampak buruk, kulit juga menjadi terbuka sehingga memudahkan kuman dan penyakit untuk masuk.

2. Merusak rambut

Setiap hal yang ada di tubuh kita, terkait satu sama lain. Jadi, jika Anda merusak kulit, maka Anda akan merusak rambut dan kuku juga.

Sekali lagi, saat mandi setiap hari, Anda membersihkan kulit dari minyak alami yang dibutuhkan tubuh. Rambut Anda juga kemungkinan menjadi lebih berminyak, karena mandi setiap hari.

Bila Anda sering mencuci rambut, kulit kepala akan mengalami kelebihan produksi minyak, menghasilkan lebih banyak minyak untuk menebus kekurangan minyak yang Anda cuci setiap hari. Cobalah latih rambut Anda untuk memproduksi minyak secukupnya.

Caranya, tidak keramas selama beberapa minggu, rambut Anda memang akan berminyak, tapi tubuh akan menyamakan kedudukan dengan tidak memproduksi minyak secara berlebihan.

3. Memicu jerawat dan penyakit lain

Manusia memiliki sesuatu yang disebut microbiome, yaitu kumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh kita. Mikrobiome ini pada dasarnya seperti ekosistem kulit Anda, dan gangguan terhadapnya (seperti mandi setiap hari) dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, ketidakseimbangan ekosistem mikroba itu dapat menyebabkan penyakit, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, bahkan jantung. []

Sumber: Suara.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *