, Hati-hati, Ini 3 Macam Sifat Sombong
Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-hati, Ini 3 Macam Sifat Sombong

0

Sombong adalah gejala manusia. Dimana manusia itu merasa bangga dan memandang tinggi atas dirinya sendiri. Hadist Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menjelaskan, “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim).

Didalam Al-Quran surah Al-Israa’ ayat 37 Allah menjelaskan, “Dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan berlagak sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan engkau tidak akan dapat menyamai setinggi gunung-gunung.”

Hukum dalam islam mengenai sifat sombong
Allah SWT melarang semua manusia untuk bersombong dan tidak diperkenankan berjalan di atas bumi dengan sifat buruknya itu. Allah jelas-jelas melarang manusia mempunyai sifat seperti ini, dan jika mereka mengindahkannya, maka murka Allah lah yang akan diterima atas ganjarannya.

Dalam hadist Rasulullah SAW bersabda, “TIdak akan masuk surga orang yang dalam hatinya memiliki sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi.” (HR. Muslim)

Jadi telah diperjelaskan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW bahwa manusia dilarang keras untuk memiliki sifat sombong dalam hatinya dan harus dihindari oleh manusia agar tidak mendapat murka Allah SWT.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis sifat sombong yang dibenci oleh Allah SWT

1. Sombong terhadap Allah
Naudzubilahimidzaliik, Sombong yang paling parah adalah sombongnya manusia terhadap sang pencipta-Nya. Yaitu manusia yang memiliki perasaan tinggi hari kepada Allah SWT, artinya ia menolak dan tidak mau taat serta patuh kepada Allah SWT. Selain itu tidak memiliki rasa takut atau bersalah terhadap dosa yang telah di perbuatnya. “Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan bina. (Al-Qur’an surah Lukman, ayat 60).

2. Sombong terhadap Rasulullah
Orang yang tidak mau patuh dan merasa bahwa apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad tidak benar dan tidak sedikitpun peduli serta tidak mau taat terhadap ajaran beliau, artinya orang itu memiliki sifat sombong terhadap Rasulullah di dalam hatinya.

3. Sombong terhadap sesama manusia
Penyakit sombong yang satu ini kerap terjadi, bahkan sering dikalangan mulai merasa derajat lebih tinggi, merasa lebih kaya, merasa lebih cantik, merasa lebih tampan, merasa lebih mapan, merasa paling hebat, merasa lebih bijak, dan merasa lebih benar dari orang-orang sekitarnya. Orang seperti ini sering membanding kelebihan dirinya dengan kekurangan orang lain. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.