Foto: Play Game Advice

Hati-hati, Ini 8 Dampak Kebanyakan Main Game

Foto: Play Game Advice

INSPIRADATA. Memang tidak dilarang kita untuk bermain game, hanya saja sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Berikut ini adalah dampak negatif bermain game yang kami kumpulkan dari beberapa sumber:

1. Membenarkan kekerasan 

Banyak game yang mengajarkan kekerasan dan pembunuhan sampai pemainya pun mempraktekan kekerasan dan pembunuhan itu di dunia nyata. Di Thailand pernah ada seorang remaja yang membunuh sopir taksi setelah bermain game kekerasan. Dia membunuh sopir taksi itu karena terpengaruh game tersebut. Ada juga seorang remaja dari Amerika yang membakar seorang penumpang bis karena terpengaruh game yang sama.

2. Membenarkan sihir

Kalau kita bermain game RPG pasti kita akan memainkan seorang penyihir atau para tokoh yang menggunakan sihir. Padahal sihir sangat dilarang dalam islam, dengan bermain game ini alam bawah sadar kita telah membenarkan sihir.

3. Melalaikan dari mengejar akhirat

Bermain game sangat membuang waktu kita yang berharga, karena setiap detik dalam hidup ini pasti akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah di hari kiamat nanti.

4. Merusak akhlak

Pengaruh game bisa merusak akhlak dan moral bahkan melakukan kekerasan. Ini terlihat jika mereka bermain game online, kata a****g dan b**i sudah menjadi hal yang biasa. Seorang anak yang tadinya tidak pernah mengucapkan kata tersebut jadi ikut-ikutan karena bermain game online.

5. Adanya musik dan lagu yang memengaruhi pola pikir manusia

6. Mempertotonkan aurat wanita

Dalam game karakter wanita pasti memperlihatkan auratnya walaupun dalam bentuk 2D atau 3D. Padahal dalam islam kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan kepada selain jenis.

7. Merusak mata

Kalau yang satu ini kita semua pasti sudah paham kalau berlama-lama di depan TV atau komputer maka mata akan cepat rusak. Dan para pemain game sangat betah di depan TV atau komputer apalagi kalau sudah kecanduan.

8. Mengubah pola pikir

Terlalu sering bermain game berari otak kita dipacu untuk berpikir terus-menerus seperti yang ada di dalam game, lama kelamaan saat kita berada di luar game atau sedang tidak main pasti saja pola pikir kita terbawa oleh game tersebut. Lebih rentan hal seperti itu kepada anak-anak. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *