Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-Hati, Ini Bahaya Sandal Jepit untuk Kesehatan

0 86

Anda pasti pernah menggunakan sandal jepit. Jenis sandal ini memang digandrungi banyak orang. Selain harganya murah, sandal jepit juga menawarkan kenyamanan karena ringan saat dikenakan.

Namun di balik sifatnya yang bersahabat itu, sandal jepit menyimpan dampak yang buruk bagi kesehatan. Menurut studi terbaru sandal jepit bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Sandal jepit juga bisa mengubah cara orang saat berjalan. Hal yang menjadi penyebab sandal jepit berbahaya adalah tidak adanya penopang pada bagian telapak kaki dan tumit.

Selain itu, saat mengenakan sandal jepit, jempol kaki cenderung bekerja lebih keras dalam mencengkeram tali pada sandal jepit.

Dokter Camilla Long, yang bekerja di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina, Amerika Serikat, berbagi beberapa masalah yang dihadapi pasien akibat mengenakan sandal jepit.

Camilla mengatakan bahwa sandal jepit bisa menyebabkan shin splint atau rasa sakit pada tulang kering depan, cedera pada tendon Achilles, dan nyeri di bagian punggung belakang.

Memakai sandal jepit juga bisa mengubah cara kita berjalan, yang pada gilirannya bisa menyebabkan sakit berlebihan pada punggung belakang.

Sandal jepit juga bisa menyebabkan plantar fasciitis, yang menjadi salah satu penyebab umum rasa nyeri pada tumit. Plantar fasciitis adalah bengkak dan tegangnya ligamen yang berada di sepanjang telapak kaki yang menghubungkan tulang jari-jari kaki ke tulang tumit.

Untuk saat ini belum ditemukan pengobatan khusus yang bisa menyembuhkan plantar fasciitis. Sementara itu, cedera pada tendon Achilles atau sering disebut tendinitis juga sangat menyakitkan dan sulit disembuhkan.

Sandal jepit bisa menyebabkan tendinitis karena di bagian mata kaki tidak ikut menekuk saat dibuat berjalan. Hal ini akan membuat kaki menegang.

Dokter Camilla sangat tidak menyarankan untuk lari atau berjalan jarak jauh sambil memakai sandal jepit. Alasannya, kaki kita juga butuh banyak penopang di bagian tumit.

Sandal jepit juga tidak dianjurkan untuk dipakai saat mengemudikan kendaraan. []

 

SUMBER: MAILONLINE | MIRROR

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline