Foto: All-free-download.com

Hati-hati, Ini Risiko Kesehatan saat Anak Berlebihan Konsumsi Susu Sapi

Susu sapi kadang juga diberikan kepada bayi yang masih diberikan ASI (Air Susu Ibu). Namun seharusnya bayi diberikan ASI selama kurang lebih dua tahun.

Namun fakta baru menunjukan, terlalu banyak jumlah susu yang dikonsumsi bisa berisiko terhadap kesehatan anak.

Dikutip dari Tabloid Bintang, pakar nutrisi asal Amerika, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, mengatakan, risiko terbesar dari tidak terkontrolnya asupan susu sapi cair pada anak adalah kegemukan atau obesitas.

“Kalau minum terlalu banyak susu, berarti masuk terlalu banyak kalori, anak jadi gemuk,” kata Matthew. “Badan yang terlalu gemuk, maka bisa muncul masalah kesehatan lainnya,” lanjutnya.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak susu setiap hari bisa membuat anak merasa kenyang. Sehingga lupa mengonsumsi asupan lainnya yang juga dibutuhkan tubuh, seperti buah dan sayuran. “Maka diet menjadi tidak seimbang,” ujar Matthew.

Matthew menganjurkan, jumlah konsumsi susu sapi cair untuk anak kecil harus berbeda porsinya dengan orang dewasa. Jika orang dewasa membutuhkan tiga gelas susu atau sekitar 500 – 700 ml setiap hari, maka anak kecil cukup jauh lebih rendah dari angka tersebut.

“Saya bukan pediatri, tapi kalau tidak salah, sekitar 100 ml (sebanyak tiga kali sehari) cukup untuk anak kecil,” bilang Matthew. “Atau disesuaikan dengan kebutuhan dan usia mereka,” pungkasnya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *