akibat perempuan merokok
Foto: wakeupuk.org

Hati-hati, Ini yang Harus Dilakukan Jika Keracunan Nikotin

Kata nikotin sering kita dengar apalagi jika sudah bersinggungan dengan masalah rokok. Nikotin disebut-sebut sebagai zat yang berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan keracunan.

Keracunan nikotin pada dasarnya disebabkan oleh paparan berlebih terhadap nikotin. Ini bisa terjadi pada tiga cara, yaitu jika menelannya, menghirupnya, atau mengalami kontak kulit dengan nikotin (nicotine patch). Perlu diketahu, produk nikotin dalam bentuk cair dan rokok elektrik cenderung lebih menyebabkan keracunan dibandingkan dengan rokok dan cerutu.

Pengobatan keracunan nikotin biasanya dilakukan di rumah sakit. Perawatan yang diberikan akan tergantung pada jumlah nikotin yang terpapar dan gejala yang dialami. Dokter mungkin akan memberikan arang aktif untuk pengobatan. Arang aktif dapat digunakan untuk mengikat nikotin dalam perut dan mengeluarkan dari tubuh.

Jika saat keracunan nikotin Anda kesulitan bernapas, ventilator mungkin diperlukan untuk menghantarkan oksigen ke tubuh Anda.

Pengobatan pendukung lainnya, termasuk obat-obatan biasanya digunakan untuk mengatasi kejang, tekanan darah dan denyut jantung abnormal. Perawatan lain mungkin juga diperlukan oleh tubuh Anda tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi. []

Sumber: Hellosehat.com


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *