bahaya minuman dengan pemanis buatan
Foto: Wanita Indonesia

Hati-hati, Inilah Bahaya Jika Sering Konsumsi Minuman Bersoda

Di balik rasanya yang lezat, minuman yang satu ini memang sangat merugikan bagi kesehatan.

Anggapan tersebut telah dibenarkan oleh semua pakar kesehatan, bahwa minuman bersoda bisa memicu berbagai macam masalah pada tubuh.

Apa saja masalah yang akan ditimbulkan dari minuman bersoda? Berikut diantaranya:

1. Risiko Diabetes

Perlu diketahui, dalam satu kaleng minuman bersoda mengandung gula setara dengan 10 sendok teh. Tentu saja jumlah tersebut sangat banyak bagi takaran normal atau sewajarnya. Bayangkan saja, jika dalam sehari Anda mengonsumsi dua kaleng minuman bersoda, sudah berapa banyak gula yang masuk pada tubuh Anda? Hal itu bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang bisa menyebabkan diabetes.

2. Komplikasi

Selain dapat menyebabkan diabetes, minuman bersoda pun bisa memicu datangnya komplikasi jika dikonsumsi secara rutin. Kabar buruk itu berasal dari kandungan fruktosa yang tinggi pada minuman bersoda, yaitu pemicu produksi radikal bebas penyebab komplikasi diabetes. Parahnya lagi, jika tidak ditangani secara cepat, komplikasi yang datang sangat sulit disembuhkan sehingga mengancam nyawa.

3. Tulang Keropos

Minuman bersoda juga mengandung senyawa yang bernama asam fosforik. Asam fosforik ini akan menghalangi tubuh dalam menyerap kalsium secara alami. Dengan begitu, tentu saja membuat tulang serta gigi Anda menjadi lemah dan keropos. Sebab, kebutuhan utama tulang adalah kalsium. Untuk itu, kurangi minuman bersoda agar terhindar dari gangguan tulang.

4. Dehidrasi

Mungkin Anda merasakan sensasi yang segar ketika minum soda, bukan? Terlebih jika minuman itu dalam keadaan dingin. Namun, rasa segar itu hanyalah sementara. Sebab, soda mengandung sodium yang cukup tinggi sehingga dapat menyerap air dalam jumlah banyak. Akibatnya, tubuh Anda akan dehidrasi dan merasa lemas seketika.

Nah itulah masalah yang akan timbul dari minuman soda yang harus anda ketahui.[]

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Fauzan Ahmad Lukman

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *