Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-hati, Jangan Lakukan Tiga Hal Ini di Media Sosial

0

Facebook atau media sosial lainnya, sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Nampaknya kita tak bisa meninggalkannya sebentar saja barang untuk update status terbaru, atau hanya berbagi foto-foto kita.

Alhasil kita kemudian mengunggah berbagai macam foto, kegiatan atau apapun yang berhubungan dengan kegiatan kita seharai-hari. Namun ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan, atau jangan sama sekali.

Berbagi informasi yang nampaknya Anda pikir biasa saja, mungkin begitu berharga dan menjadi incaran para pelaku kejahatan online. Dilansir Indy100, berikut tiga hal yang seharusnya tidak Anda lakukan di media sosial.

  1. Unggah SIM atau KTP Anda

Memiliki foto, tanggal lahir dan alamat lengkap Anda, ini merupakan hal dasar yang dicari para pelaku kejahatan online.

  1. Jadwal liburan Anda atau Boarding Pass

Sebenarnya tidak ada rekan kerja Anda yang suka ketika melihat seseorang postingan foto dari tiket pesawat Anda, missal tengah berlibur ke Barcelona dengan catatan “Happy Monday”.

Namun hal itu akan memberitahu para pencuri bahwa Anda akan berada jauh dari rumah Anda dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Rincian akun bank Anda

Oke, yang satu ini sangat mencolok. Tapi berbagi foto seperti slip gaji Anda,  sama artinya dengan berbagi hal buruk.

Menurut sebuah penelitian yang dirilis tahun 2014, CNN Money melaporkan bahwa para pencuri beredar di Instagram dengan mengunakan hashtag #myfirstpaycheck untuk mencuri rincian identitas netizen dan menciptakan cek palsu. Dua puluh delapan orang akhirnya didakwa dengan tuduhan menjalankan pencurian identitas. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.