Foto: aneka benih tanaman

Hati-hati Kalau Makan Pedas, Jangan Sampai Kayak Orang Ini

Foto: aneka benih tanaman
Foto: aneka benih tanaman

INSPIRADATA. Sebagian orang merasa kurang nikmat jika menyantap hidangan tanpa rasa pedas. Namun hati-hati, alih-alih ingin mendapat kenikmatan dalam hidangan, malah kesakitan.

Biasanya efek orang yang memakan makanan pedas hanya sakit perut. Namun, seorang pria Amerika, 47 tahun, justru harus dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap hidangan pedas.

Seperti dilansir Journal of Emergency Medicine, Ahad (23/10/2016), kejadiannya berawal setelah pria itu menyantap burger yang disiram kuah mengandung bhut jolokai atau cabe orange dari India. Pasalnya, cabe itu terkenal sangat pedas.

Usai menyantap burger itu, hanya dalam hitungan detik si pria muntah-muntah hingga terkapar di lantai. Pria itu merasa kesakitan di bagian tenggorokannya.

Ia lalu dibawa ke rumah sakit. Dokter yang menanganinya mengatakan, terdapat lubang pada bagian tenggorokan si pria akibat panas yang ditimbulkan rasa pedas.

Setelah itu dokter langsung melakukan scan pada bagian perut dan panggulnya. Hasilnya ditemukan udara, cairan, dan makanan mengandung cabe dalam lambungnya. Bukan hanya itu, di bagian lehernya juga ditemukan tetesan air mata sepanjang 2,5 cm akibat menahan pedas. Akhirnya dia dibawa ke ruang operasi.

Pria tersebut segera diberi tabung oksigen untuk membantu pernapasan, sedikitnya selama 14 hari hingga pulih. Selama sembilan hari ia harus terkapar sebelum akhirnya diberi selang makanan. Menurut dokter, dalam kasus ini, hanya sedikit orang yang dapat bertahan hidup. Komplikasi ini dikenal sebagai sindrom Boerhaave.

Ternyata, kejadian seperti ini juga pernah terjadi pada tahun 1724. Saat itu seorang dokter Belanda bernama Herman Boerhaave yang menanganinya. Karena itu gejala ini disebut sindrom Boerhaave.

Dilansir Brilio, penderita yang terkena gejala ini biasanya mengalami guncangan fatal (sepsis). Namun, sepertiga dari kasus terjadi, kondisi penderita biasanya berada di bawah sadar. []


Artikel Terkait :

About Hasan Fe

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *