Tampilan jika Terkena Virus WannaCry

Hati-hati Netizen, Virus Ronsomeware Kini sedang Berkeliaran!

INSPIRADATA. Dunia siber dikagetkan dengan munculnya virus yang menyerang sistem komputer. Menurut informasi yang dihimpun, sekitar puluhan ribu organisasi di seluruh dunia terkena virus ini. Virus tersebut bernama WannaCry, dia akan merusak file-file yang ada di dalam komputer.

Sebagaimana dilansir oleh Republika, Sabtu (13/5/2017), bahkan Perangkat lunak berbahaya ini mengunci data dan meminta pembayaran hingga 300 dolar AS sebelum memulihkan file-file yang diobrak-abrik oleh virus tersebut

Sebuah perusahaan keamanan menyebutkan ada sekitar 70 negara di dunia yang terserang virus ini. BBC Sabtu (13/5) menyebut, Rusia dan Spanyol adalah dua negara yang mengalami serangan paling parah.

WannaCry ini lain dengan virus pada umumnya, ia memiliki kemampuan bergerak di sekitar jaringan dengan sendirinya. Tidak seperti virus pada umumnya yang mengandalkan manusia untuk menyebar, caranya dengan menipu pengguna untuk meng-klik sebuah file atau kode untuk menyembunyikan kode serangannya. Namun tidak demikian dengan virus ini.

Belum dapat diketahui siapa yang membuat virus berbahaya ini. Virus jenis Ronsomeware ini termasuk virus yang kerap digunakan oleh para peretas untuk mendapatkan keuntungan dari hasil ‘Hacking’ file-file penting yang ada pada komputer yang terinfeksi.

Peretas bisa mencairkan uang dengan mudah karena mereka umumnya menggunakan mata uang virtual bitcoin yang sulit untuk dilacak. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *