Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-Hati! Perbuatan Ini Bisa Terkategori Pelecehan Seksual

0

Kasus pelecehan seksual di Indonesia akhir-akhir ini terus meningkat. Korbannya tak kenal usia, baik dewasa, remaja, bahkan anak di bawah umur sekalipun.

Pada 2017 saja, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sebanyak 116 kasus kekerasan seksual terjadi pada anak.

Bahkan, belum lama ini juga sempat viral di media sosial kasus pelecehan seksual seorang pasien rumah sakit ternama di Surabaya.

Korban yang saat kejadian masih dalam pengaruh obat bius pascaoperasi mengaku dirinya digerayangi oleh oknum perawat pria rumah sakit setempat.

Walau sebatas menggerayangi/meraba bagian tubuh tertentu pada korban, pelaku pun ditetapkan sebagai tersangka kasus pelecehan seksual.

Nah, kira-kira perbuatan apa saja sih yang terkategori pelecehan seksual?

Melansir dari hellosehat, Komnas Perempuan menyebut pelecehan seksual merujuk pada tindakan bernuansa seksual yang disampaikan melalui kontak fisik maupun non-fisik, yang menyasar pada bagian tubuh seksual atau seksualitas seseorang.

Tindakan ini termasuk di antaranya:

a. siulan

b. main mata

c. komentar atau ucapan bernuansa seksual

d. mempertunjukkan materi-materi pornografi dan keinginan seksual

e. colekan atau sentuhan di bagian tubuh

f. gerakan atau isyarat yang bersifat seksual sehingga mengakibatkan rasa tidak nyaman, tersinggung, merasa direndahkan martabatnya, dan mungkin hingga menyebabkan masalah kesehatan dan keselamatan.

Jadi, pelecehan seksual bukan semata tentang seks.

Inti dari masalah ini adalah penyalahgunaan kekuasaan atau otoritas pelaku. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.