Hati-hati! Ternyata Kebiasaan Orang Tua Ini Bisa Bikin Anak Jadi Penakut

Orang tua selalu mencurahkan rasa kasih sayangnya kepada sang anak dengan berbagai cara dan dalam waktu kapanpun.

Semenjak bayi, sebagian anak selalu ditemani oleh Ibu yang menjaganya. Hal tersebut lantaran kala itu anak tak bisa ditinggal saat sedang tidur.

Namun berbeda halnya saat kebiasaan menemani anak saat tidur berlangsung hingga anak cukup besar. Selain mengganggu perkembangannya menjadi lebih manja, menemani sang buah hati tidur juga akan memicu anak menjadi cemas, gampang takut dan bahkan depresi.

Sebuah penelitian dalam Journal of Affective Disorders melakukan penelitian tentang efek tidur bersama ibu pada 3.583 anak-anak di Brazil. Peneliti membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok usia mulai dari 3 bulan hingga 6 tahun dan menganalisis apakah anak memiliki kecenderungan mengembangkan gangguan seperti kecemasan atau depresi.

Mengejutkan, hasil dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa  anak-anak yang lebih sering tidur satu tempat tidur dengan ibunya memiliki kecenderungan tinggi mengalami gangguan kesehatan mental dibanding mereka yang jarang atau tidak tidur dengan ibu atau orangtuanya.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut, namun membiasakan anak tidur sendiri tanpa ditemani akan memberikan dampak pada anak menjadi lebih dewasa, seperti dikutip dari Satumedia. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *