Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-hati! Ternyata Rumah Juga Bisa jadi Penyebab Kegemukan

0

Beberapa hal yang mungkin disebutkan sebagai faktor pemicu kegemukan adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, namun hal itu bukanlah menjadi penyebab utama dari kegemukan.

Faktor dari kegemukan tersebut, ialah karena malasnya kita dalam berolahraga atau bergerak. Bukan hanya hal itu, rumah bisa disebabkan menjadi faktor dari pemicu kegemukan seseorang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Alasannya yaitu karena ada beberapa kondisi rumah yang mengakibatkan si penghuninya menjadi malas bergerak, sehingga penghuninya tersebut mengalami kegemukan. Selain itu, masih ada hal lainnya.

Seperti yang dilansir dari laman Home, ada beberapa alasan mengapa rumah bisa menjadi faktor pemicu kegemukan seseorang.

1. Terlalu lama menggunakan AC
AC yang membuat ruangan menjadi sejuk dan nyaman ternyata dapat memicu kegemukan. Hal disebabkan karena suasana yang dingin dan sejuk membuat orang malas bergerak, bahkan tak ingin mengubah posisi duduk. Padahal, jika kita kurang bergerak bukan hanya berisiki membuat asupan makanan tidak terbakar, tapi juga membuat otot di area pinggul dan bokong menjadi kaku. Akibatnya adalah rasa pegal dan tak nyaman saat bergerak.

2. Sofa terlalu nyaman
Sebisa mungkin, dalam suatu rumah tersebut memiliki sofa yang mampu menopang tubuh secara ideal, bukan yang saat diduduki posisi tubuh justru melesak ke dalam. Memang yang sangat empuk membuat kita nyaman, namun jika terlalu lama duduk di sofa tersebut ternyata berisiko menyebabkan nyeri punggung. Saat punggung, pinggang, dan bokong nyeri, kita pun menjadi malas bergerak. Ujung-ujungnya, tubuh pun mudah menggemuk.

3. Kurangnya sirkulasi udara
Ruangan yang minim sirkulasi udara akan membuat suasana di dalamnya menjadi lembap. Alhasil, penghuni pun sebenarnya kekurangan oksigen saat berada di ruangan tersebut. Kurangnya oksigen ini akan membuat orang yang tinggal di dalamnya mudah mengantuk atau timbul keinginan untuk selalu ngemil demi mengurangi kantuk.

4. Warna ruangan
Warna-warna cerah seperti oranye, kuning, atau hijau muda, memang bisa menambah semangat. Namun, ternyata warna-warna ini dapat meningkatkan nafsu makan. Lebih baik gunakan warna-warna tersebut di ruang makan, sementara ruangan lainnya seperti kamar atau ruang tengah, gunakan warna lain seperti warna biru contohnya, karena warna tersebut justru mengurangi nafsu makan. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.