playstore, Hati-hati Unduh Aplikasi di Playstore, Ada Malware-nya!
Unik, Informatif , Inspiratif

Hati-hati Unduh Aplikasi di Playstore, Ada Malware-nya!

0

Data menunjukkan bahwa sebanyak 80 persen aplikasi dalam Google Playstore telah disusupi oleh Malware berjenis Potentially Unwanted Program (PUA).

Chief Technology Officer Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Salahuddien Manggalany mengatakan antivirus hanya membaca aplikasi yang terlihat legit tersebut. Padahal di dalam terdapat PUA yang ‘nebeng’ dalam aplikasi yang diunduh pengguna.

“80 persen aplikasi di Google Play dan gratis. Gratis itu biasanya ada iklan jahat. Ternyata, dia download payload yang berbahaya. Ini sudah seperti peternakan PUA. Dia adware, dia lakukan spy activity. Karena dia bisa mencuri data dan memata-matai,” kata Didin di bilangan Senayan, Jakarta.

Related Posts
1

Twitter Lite Sudah Siap Unduh

Mantan Wakil Ketua ID SIRTII mengatakan serangan Malware memang tidak terlihat. Pasalnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa perangkat yang digunakan sedang diserang Malware.

ID SIRTII mencatat sebanyak tiga juta komputer di Indonesia terinfeksi Malware pada Mei 2018. Padahal, sebelumnya pada Maret Malware hanya menginfeksi 1,4 juta komputer, artinya meningkat lebih dari 100 persen.

Didin mengatakan jumlah ini bisa meningkat karena survei ini dilakukan dengan metode random sampling di 20 Network Acces Point (NAP) di Indonesia. Indonesia memiliki lebih dari 40 NAP, artinya riset baru dilakukan pada setengah jumlah NAP.

Sumber: uzone. id


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.