tunas mangga luar angkasa (foto: timle.net)
tunas mangga luar angkasa (foto: timle.net)

Heboh, Ada Mangga Bisa Tumbuh di Luar Angkasa?

tunas mangga luar angkasa (foto: timle.net)
tunas mangga luar angkasa (foto: timle.net)

INSPIRADATA. Mangga adalah salah satu buah khas Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa manga tidak hanya bisa tumbuh di bumi saja?

Yaps, Tim peneliti Cina sukses mengembangkan cara untuk menumbuhkan mangga di luar angkasa.

Disitat timlo. Net mengutip Nextshark, Tim Peneliti Cina melakukan serangkaian uji coba selama misi the Shenzou-11 yang digelar tahun lalu. Sel embrio buah mangga dibawa kembali dari misi luar angkasa November 2016.

Misi itu berlangsung selama 33 hari. Dalam sel embrio itu muncul jaringan baru. Bibit mangga itu saat ini berada di laboratorium (lab) penelitian di Provinsi Hainan, Cina. Pemimpin proyek Peng Longrong baru-baru ini memamerkan tunas hijau mangga itu yang ada dalam kondisi sehat. Mangga ini bisa disebut sebagai mangga luar angkasa pertama di dunia.

Para astronot Cina itu mengadakan serangkaian uji coba dengan tujuan mengembangkan mangga jenis baru. Mereka mencoba berbagai metode untuk menanam mangga. Buah itu ditempatkan di dalam berbagai kondisi berbeda. Tujuannya untuk mempengaruhi buah supaya beradaptasi dan mengembangkan sifat genetis yang unggul.

Setelah sukses menanam jenis mangga baru ini, mereka meneliti apa pengaruh lingkungan luar angkasa kepada buah itu. Jika terbukti bermanfaat, tim itu akan terus menumbuhkan tunas itu. “Mangga luar angkasa ini diharapkan tahan hama, memiliki kualitas lebih tinggi dan produksi lebih banyak,” kata Peng.

Para ilmuwan sudah lama mencoba mengembangkan tanaman yang bisa tumbuh di luar angkasa. Sebuah terobosan di bidang ini bisa menolong para astronot memperoleh bahan makanan di luar angkasa. Selain itu, hal ini juga memberikan manfaat psikologis dalam misi luar angkasa jangka panjang.

Pada 2015, astronot NASA berhasil menumbuhkan sayuran pertama di luar angkasa dalam bentuk daun selada. Uji coba ini dinamai “Veg-01” dan menggunakan sistem penanaman sayuran yang dilakukan di the International Space Station.

Wah, keren ya? Jika manga yang tumbuh di bumi memiliki rasa manis dan seger, bagaimana rasa manga yang tumbuh di luar angkasa ya? []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *