Hijabers, Inilah Tips Merawat Gamis Katun Jeoang Agar Tetap Awet
Hijabers, Inilah Tips Merawat Gamis Katun Jeoang Agar Tetap Awet

Hijabers, Inilah Tips Merawat Gamis Katun Jepang Agar Tetap Awet

INSPIRADATA. Gamis muslimah berbahan katun Jepang mulai menjadi hits dikalangan hijabers pada tahun 2016dan masih jadi must have item di 2017. Pantas saja busana muslimah berbahan katun Jepang ini banyak dipilih karena selain seratnya halus, bahannya pun tidak membuat gerah. Selain itu motif dan warna yang disediakan sangatlah bervariasi.

Dilansir oleh IDN Times, inilah beberapa cara merawat gamis katun jepang agar tidak cepat rusak.

1. Cara mencuci
Kain katun bisa dicuci dengan deterjen biasa yang digunakan untuk mencuci pakaian. Tetapi ingat jangan merendamnya terlalu lama, karena warnanya akan pudar. Pisahkan gamis dengan pakaian yang sangat kotor misalnya noda lumpur, saus atau tinta, supaya kotoran tersebut tidak ikut terserap dan hasilnya malah menjadi ikutan kotor.

Pisahkan antara warna yang terang dan gelap untuk mencegah pakaian warna tua akan luntur dan mengenai pakaian yang lainnya.

Cara mencucinya pun cukup mudah anda bisa menggunakan mesin cuci atau dengan mengkucek seperti biasa, tetapi jangan gunakan sikat.

Untuk membersihkan noda yang membandel pada katun jepang berwarna putih atau warna terang, anda bisa menggunakan air hangat agar noda mudah hilang. Namun untuk katun warna gelap jangan gunakan air hangat karena dapat melunturkan warna.

Bisa juga menambahkan pemutih pakaian khusus untuk katun jepang berwarna putih. Namun perlu diperhatikan apakah ada peringatan penggunaan pemutih karena beberapa jenis kain katun rentan terhadap pemutih pakaian. Jika salah pemakaian, bisa- bisa merusak warna corak kainnya.

2. Cara menjemur

Pada saat menjemur, jangan menjemur dengan melipat pada tali jemuran. Gunakan gantungan pakaian saat menjemur agar bentuknya terjaga. Pada saat menjemur sebaiknya baliklah gamis terlebih dahulu jadi bagian dalam ada diluar, supaya dapat menjaga warna kain tetap awet dan tidak cepat pudar warnanya. Jemurlah pada tempat yang terlindungi dari sinar matahari secara langsung, cukup angin-anginkan saja supaya warna gamis tidak mudah pudar.

3. Cara menyetrika

Jika baju gamis sangat kusut, lembabkan baju gamis anda dengan menyemprot rata sedikit uap air sebelum menyetrikanya lalu biarkan selama sepuluh menit. Jika pada label gamis terdapat petunjuk cara menyetrika, perhatikan baik-baik seberapa level panas yang akan dipakai untuk menyetrika. Jika tidak terdapat petunjuk pada labelnya, gunakan setrika yang panas untuk menghilangkan kusut pada gamis katun jepang anda. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan setrika uap.

4. Cara menyimpan

Begitu juga dengan penyimpanannya, jangan lipat baju gamis anda dan disimpan dalam tumpukan baju. Gunakan gantungan baju dan simpan di lemari gantung Jika diperlukan gunakan plastik baju gantung untuk baju gamis berwarna putih agar warnanya tidak menjadi kotor ketika disimpan dalam waktu lama. Apabila gamis tersebut tidak sering dipakai, hendaklah sekali dalam sebulan dijemur di panas matahari untuk menghilangkan bau apeknya.

Itulah beberapa cara untuk merawat gamis katun jepang anda tetap awet. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *