Hiking Buat Otak Anda Berubah

Hiking Buat Otak Anda Berubah

INSPIRADATA. Mungkin sebagian dari kita malas untuk berjalan kaki, atau melakukan hiking di alam bebas. Alasannya capek, panas, dan tentunya malas. Tapi tahukah Anda, hiking ternyata bisa membuat otak Anda berubah? Bagaimana caranya?

Dalam sebuah penelitian yang disarikan dari LifeHack, ada banyak manfaat untuk kesehatan mental bagi mereka yang hobi melakukan hiking.

1. Mengurangi depresi
Kehidupan perkotaan yang cenderung serba instan, macet, persoalan sosial dan pelbagai masalah kehidupan yang muncul dapat membuat kita menjadi depresi. Berkutat dengan pikiran negatif, uga mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang.

Berdasarkan penelitian terbaru, menghabiskan waktu di alam—melakukan hiking—mempengaruhi hal tersebut diatas. Hiking di alam terbuka cenderung menurunkan obsesif serta pikiran negatif yang menakibatkan depresi.

Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa mereka yang berjalan selama 90 menit di lingkungan atau alam terbuka—penelitian dilakukan di padang rumput dekat Stanford University—mengurangi aktivitas saraf di korteks prefrontal subgenual. Saraf itu berhubungan dengan penyakit mental. Mereka yang berjalan melalui lingkungan perkotaan tidak menikmati manfaat ini.

2. Hiking membantu meningkatkan memecahkan masalah dengan lebih kreatif

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Ruth Ann Atchley dan David L. Strayer, agar mampu memecahkan masalah secara kreatif dapat ditingkatkan dengan memutuskan hubungan dari teknologi dan berhubungan kembali dengan alam.

Dalam studi ini, peserta berkemah di alam sekitar selama empat hari dan mereka dilarang berhubungan dengan teknologi—semisal laptop dan handphone. Mereka diminta untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kreativitas dan pemecahan masalah yang kompleks. Para peneliti menemukan bahwa terjadi peningkatan kinerja dalam memecahkan masalah dengan tingkat 50 persen.

Para peneliti menunjukkan bahwa teknologi dan kebisingan daerah perkotaan, terus menuntut perhatian kita dan mengganggu kita untuk fokus. Hal itu menurunkan fungsi kognitif kita. Jadi, ketika kita merasa lelah dan stres dengan kehidupan kota, hiking dapat menjadi obatnya. Alam mengurangi kelelahan mental kita, menenangkan pikiran kita, dan membantu kita berpikir kreatif.

3. Hiking dapat mengurangi ADHD pada anak

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder, merupakan sebuah gangguan umum yang terjadi pada anak-anak. Anak-anak dengan ADHD umumnya memiliki kesulitan untuk fokus, mudah terganggu, hiperaktif, dan mengalami kesulitan mengendalikan diri.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Frances E. Kuo, PhD dan Andrea Faber Taylor, PhD, peneliti menemukan bahwa melakukan kegiatan di luar ruangan, dapat mengurangi gejala ADHD mereka.

Dokter menyimpulkan bahwa perubahan sederhana yang melibatkan kegiatan di alam terbuka atau mengatur keadaan di rumah dapat meningkatkan fokus anak. Misalnya, mengatur tempat duduk agar dekat jendela yang memiliki pemandangan hijau, atau hanya bermain bola di taman dapat meringankan gejala ADHD yang tidak diinginkan.

4. Hiking di alam bebas dapat meningkatkan kekuatan otak

Kita semua pernah mendengar istilah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat sehat. Hal ini terbukti pada mereka yang rajin berolahraga di alam bebas, semisal melakukan aerobik dan lainnya.

Menurut para peneliti dari University of British Columbia, latihan aerobik dapat meningkatkan memori dan kemampuan kognitif. Dalam studi tersebut, mereka menemukan bahwa latihan aerobik meningkatkan volume hipokampus pada wanita yang lebih tua. Hippocampus adalah bagian dari otak yang berhubungan dengan memori spasial dan episodik.

Selain itu, aerobik dapat mencegah penurunan kognitif, juga dapat mengurangi stres dan kecemasan, harga diri meningkatkan diri, dan melepaskan endorphins. Aktivitas fisik yang sederhana dan murah seperti hiking pun, ternyata dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan mental. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *