Hikmah di Balik Perintah Saling Mendoakan Saat Bersin

0

Bersin adalah reaksi yang dialami hidung dan mulut ketika terkena debu atau virus tertentu. Islam mengajarkan umatnya untuk mengucap hamdallah setelah bersin, karena bersin merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT.

BACA JUGA: Bisakah Bersin saat Tidur?

Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menjelaskan bahwa setelah bersin umat Islam harus mengucapkan hamdallah atau Alhamdulillah. Sementara bagi mereka yang mendengar orang bersin dan mengucapkan kalimat itu harus menjawab dengan Yarhamukallah yang artinya semoga Allah merahmatimu. Dan dijawab kembali dengan Yahdikumullah  yang berarti semoga Allah memberimu petunjuk.

BACA JUGA: Mata Tertutup Saat Bersin, Kenapa?

“Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan ‘Alhamdulillah’ sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan ‘Yarhamukallah’ (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘Yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, ‘Yahdikumullah wa yushlih baalakum’ (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu),” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033).

Dahulu, ucapan ini tentu saja menjadi sebuah bentuk kepatuhan umat kepada Nabi Muhammad. Namun, pada era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, perintah Nabi Muhammad ini terbukti secara ilmiah.

BACA JUGA: Menikah karena Menjawab Bersin, Kok Bisa?

Pada saat bersin, ternyata seluruh anggota tubuh kita berhenti berfungsi, seolah mati, ini terjadi dalam hitungan detik, setelah itu berfungsi normal kembali. Artinya, seolah-olah kita baru terlewat dari maut yang mengerikan sekali.

Direktur Lown Cardiovascular Research Foundation di Boston, Dr Thomas Graboys mengatakan, bersin memicu perubahan tekanan di dada yang dapat merangsang saraf vagus sehingga denyut jantung melambat. Kondisi inilah yang menjelaskan mengapa bersin membuat jantung berhenti berdetak dalam hitungan detik.

Selain hal tersebut, masih banyak faedah bersin yang akan membuat kita wajib mengucapkan Alhamdulillah. Bersin hanya akan terjadi ketika ada benda asing, virus atau bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh. Kemudian, ujang syaraf dalam hidung mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung.

BACA JUGA: Inilah Rahasia Mengucap Hamdallah ketika Bersin

Menariknya, mata akan spontan terpejam saat bersin untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Usai hentakan terjadi, mata pun otomatis akan terbuka kembali. Hal ini diungkapkan Dr. Bonnie Henderson dari pusat kesehatan Mata dan Telinga Massachusetts. Setelah bersin terjadi, kotoran-kotoran yang ada dalam mulut dan hidung Anda akan keluar bersama bersin yang kecepatannya mencapai 100-250 KM/Jam. Subahanallah. []

 

SUMBER: INFOYUNIK

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline