, Hindari 5 Makanan Penyebab Darah Tinggi!
Unik, Informatif , Inspiratif

Hindari 5 Makanan Penyebab Darah Tinggi!

0

 

Darah tinggi bukan hanya disebabkan oleh aktivitas sehari-hari. Tetapi, darah tinggi juga dapat disebabkan oleh makanan yang sering kita konsumsi.

Jika anda pergi ke puskesmas untuk melakukan check up rutin. Tekanan darah bisa dikatakan normal apabila masih berkisar 120/80 mmHG. Namun, pada penderita hipertensi, tekanan darah bisa mencapai atau melebihi 140/90 mmHg. Darah tinggi atau hipertensi harus dihindari. Karena dapat memicu berbagai penyakit kronis misalnya stroke dan serangan jantung.

Walaupun sebenarnya hipertensi bisa terjadi karena aktivitas, namun penyakit ini bisa disebabkan oleh makanan yang anda konsumsi. Makanan berikut yang harus Anda kurangi atau hindari bila tak ingin terserang penyakit ini.

1. Makanan dengan garam tinggi

Mengonsumsi garam berkaitan dengan kerja ginjal yang bertugas menyaring darah. Hal itu karena garam mengadung kalium dan natrium yang sifatnya sangat mudah menyerap air. Akibatnya, produksi urine tidak normal dan tekanan darah meningkat.

2. Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebih berpotensi meningkatkan tekanan darah karena alkohol bisa memacu kerja jantung sehingga berpeluang menyebabkan hipertensi.

3. Kopi dan minuman yang mengandung kafein

Kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menstimulasi jantung untuk bekerja lebih keras. Akibatnya, jantung memompa darah lebih cepat dan bila berlebih dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat.

4. Gula dan makanan manis

Tak cuma garam, gula dan makanan manis juga bisa menimbulkan hipertensi. Gula mampu memicu disfungsi metabolisme dan meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, bila anda mengalami obesitas maka berpotensi untuk terserang hipertensi.

5. Daging berlemak

Daging-dangingan apalagi yang mengandung banyak lemak sangat berisiko meningkatkan tekanan darah. Namun, bila tetap ingin mengonsumsi daging, boleh saja asal kamu tetap membatasi porsi makanan yang satu ini.

Nah, itu tadi lima makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah. Semoga dapat bermanfaat dan lebih selektif mengonsumsi makanan ya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.