Hindari Mencintai secara Berlebihan

0

Mabuk kepayang, tergila-gila, ternyata merupakan sebuah penyakit. Orang-orang yang mengalami hal-hal ini mempunyai komposisi kimia di dalam otaknya yang serupa dengan orang-orang yang menderita penyakit obsesif –kompulsif.

Donatella Marazitti, profesor psikiatri Universitas Pisa Itali, dan para penelitinya mempunyai hipotesa orang yang mengalami gangguan obsesif compulsif memiliki ketidakseimbangan seratonin.

Cinta mengaburkan batasan antara kesehatan mental dan psikopatologi. Artinya Cinta dan gangguan jiwa mungkin sulit dibedakan. Artinya, jangan jadi bodoh, jauhi saja.

BACA JUGA: Ini Karakter di Balik Para Pecinta Pedas

Jika kita ingin menjadi pribadi yang terkontrol, maka kita akan mengingat hukum: Janganlah engkau membenci sesuatu secara berlebihan, bisa jadi sesuatu itu baik bagimu, dan janganlah kau mencintai sesuatu berlebihan, bisa jadi sesuatu itu buruk untukmu.

Maka bila kita mengingat ini sebagai sandaran aman stabilitas kejiwaan kita. Kita dapat menjalin keterikatan dengan pasangan kita secara damai. Bukan sebagai sepasang kekasih yang meletup-letup gairahnya, bukan sebagai sepasang kekasih yang tergila-gila.

BACA JUGA: Buat Istri Selalu Merasa Dicintai

Pada pasangan awet, damai, tenang, dan tahan lama, kita bisa menemukan kadar oksitosin yang tinggi. Oksitosin adalah, senyawa kimia yang mendatangkan rasa damai.

Jadi kamu memilih gila karena cinta, atau setia dalam kedamaian kasih sayang? []

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline