Unik, Informatif , Inspiratif

Hitung Kebutuhan Kalori Harian Anda dengan Cara Ini!

0 57

Untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal, tidak cukup hanya memperhatikan jenis makanan apa saja yang akan Anda konsumsi. Akan tetapi, jumlah porsinya pun perlu Anda perhatikan.

Porsi makan adalah jumlah banyaknya makanan yang Anda konsumsi dalam satu kali makan. Porsi makanan setiap orang ini berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan kalori dan kebiasaan makan setiap hari.

BACA JUGA: Sudah Diet, Tapi Perut Tetap Buncit?

Untuk mengetahui porsi makan yang ideal, Anda harus mengetahui berat badan ideal Anda terlebih dahulu. Berat badan ideal bisa dihitung menggunakan penghitungan berat badan melalui rumus Broca. Rumus Broca dapat Anda hitung dengan cara:

Berat Badan Ideal = (tinggi badan – 100) – 10% (untuk pria < 160 cm dan wanita < 150 cm, tidak dikurangi 10% lagi).

Setelah didapat berat badan ideal, hitung kalori dasar Anda per hari, bagi laki-laki 30 kal per kilogram berat badan ideal, sedangkan wanita 25 kal per kilogram berat badan ideal.

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan Anda dengan Biji Wijen

Contoh: Tinggi Badan Rita adalah 155 cm maka berat badan idealnya adalah 155-100= 55kg. Jadi kalori yang Rita butuhkan setiap harinya adalah sebanyak 55×25= 1375 kalori.

Setelah mengetahui jumlah kebutuhan kalori setiap hari, Anda hanya perlu membagi jumlah kalori ini untuk tiga kali makan atau disesuaikan dengan kebiasaan makan Anda. Jangan lupa untuk memasukkan camilan Anda ke dalam perhitungan ini juga ya…[]

SUMBER: HELLOSEHAT

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline