Unik, Informatif , Inspiratif

Hubungan Antara Asupan Air dan Tidur Malam

0 16

Sebuah penelitian baru yang melibatkan lebih dari 20 ribu orang menjelaskan, bila jumlah asupan air sangat berkaitan dengan tidur malam yang cukup.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para akademisi di Penn State University, Pennsylvania, orang-orang yang tidur selama enam jam semalam secara signifikan memiliki lebih banyak urine dan lebih mungkin mengalami dehidrasi dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam semalam secara teratur. Penelitian ini kemudian diterbitkan dalam jurnal SLEEP.

BACA JUGA: Bau Mulut Ketika Bangun Tidur, Kok Bisa?

Para peneliti menyimpulkan hubungan antara kualitas tidur dan hidrasi memengaruhi hormon di dalam tubuh yang disebut vasopressin. “Vasopresin dilepaskan lebih cepat saat seseorang kurang tidur.

Bila seseorang bangun lebih awal dari seharusnya, maka dirinya mungkin kehilangan banyak hormon yang menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh,” ujar pemimpin penulis penelitian, Asher Rosinger seperti yang dikutip Okezone dari Independent.

Dirinya juga menambahkan bila seseorang hanya tidur 6 jam setiap malam, maka itu dapat memengaruhi status hidrasi tubuhnya.

BACA JUGA: Malas Bersihkan Make Up Sebelum Tidur? Ini Nih Bahayanya

Dehidrasi dapat memiliki sejumlah efek buruk pada tubuh seperti pusing, merasa mengantuk, dan memiliki urin berwarna gelap atau berbau tajam.

Cara paling baik untuk tetap terhidrasi adalah minum banyak cairan sepanjang hari. Jumlah yang disarankan adalah minimal 8 gelas per hari atau 2 liter. Selain itu, hindari atau batasi minuman seperti kafein, teh, serta alkohol yang dapat mengeringkan tubuh. []

SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline