Unik, Informatif , Inspiratif

Hubungan Perut Buncit dan Buruknya Kondisi Otak Seseorang

0

Sebagian orang kerap menjadikan perut buncit sebagai suatu candaan. Menggemaskan atau sebagainya. Padahal, kondisi tersebut merupakan tanda adanya masalah kesehatan seseorang. Sebuah riset menemukan bahwa perut buncit pun menunjukkan buruknya kondisi otak.

Riset yang dilakukan di Inggris ini menemukan, orang yang mengalami obesitas dan memiliki lemak di perut yang tinggi, rata-rata punya volume otak yang lebih rendah dibanding orang dengan berat badan yang sehat.

BACA JUGA: Duh, Tiga Perkara Sepele Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit

Lebih spesifiknya, riset yang hasilnya telah terbit di jurnal Neurology ini menemukan, lemak di perut berhubungan dengan volume gray matter, jaringan otak yang penuh dengan sel-sel saraf, yang lebih rendah.

Bahayanya, kondisi berkurangnya volume otak atau penyusutan otak telah dihubungkan dengan peningkatan risiko menurunnya kemampuan memori dan demensia.

Penyusutan otak

Menurut para peneliti, riset ini memberikan dugaan bahwa kombinasi antara obesitas berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh (IMT) dan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi, bisa menjadi faktor risiko terjadinya penyusutan otak.

Dalam riset ini temuan para peneliti hanya sebatas asosiasi alias hubungan saja. Mereka belum bisa membuktikan bahwa memiliki lemak yang lebih banyak di daerah pinggang benar-benar menyebabkan penyusutan otak.

Jadi bisa saja orang dengan volume gray matter di otak punya risiko terkena obesitas yang lebih besar. Oleh karena itu, perlu dilakukan riset lanjutan untuk mengungkap dengan jelas alasan adanya hubungan itu.

BACA JUGA: Sudah Diet, Tapi Perut Tetap Buncit?

Sebenarnya telah ada beberapa riset yang menemukan hubungan antara lemak di perut (lemak visceral), atau rasio pinggang ke pinggul yang tinggi, dengan volume otak yang lebih rendah.

Namun riset-riset itu skalanya kecil dan tidak menambahkan secara sekaligus perhitungan efek BMI dengan rasio pinggang ke pinggul yang tinggi. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline