Unik, Informatif , Inspiratif

Hujan, Ini 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

0

Kondisi kesehatan seseorang turut dipengaruhi oleh cuaca. Musim hujan misalnya, tak sedikit orang yang terserang flu karena cuaca yang lembab, basah, dan dingin pada cuaca tersebut. 

Namun, tak hanya pengaruh buruk, hujan juga ternyata membawa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Apa saja sih manfaat hujan bagi kesehatan jiwa dan raga? Berikut ini ulasan ringkasnya.

Memberikan ketenangan

Sebuah penelitian di Australia menemukan fakta menarik bahwa turunnya hujan dapat menghilangkan perasaan tertekan, sehingga memberikan ketenangan pada tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh aroma tanah yang keluar saat hujan turun.

Menghilangkan stres

Hujan mengeluarkan suara ketika turun yang disebut white noise. Suara ini berfungsi sebagai pengirim sinyal ke otak sehingga merangsang pikiran untuk menurunkan pekerjaan berat serta menghilangkan stres.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian di Jepang pada 2013 menemukan adanya zat dalam air hujan yang berguna untuk membuat tubuh bekerja lebih keras. Sehingga kalori yang dikeluarkan oleh tubuh akan lebih banyak terkuras.

Menyegarkan Kulit

Air hujan ternyata dapat membantu menyegarkan kulit akibat rasa dingin yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, kulit yang kering dan kerap terpapar debu akan menjadi segar ketika terkena air hujan.

Meningkatkan kesuburan

Terdapat beragam cara untuk meningkatkan kesuburan yang dapat kamu coba. Tidak terkecuali dengan air hujan. Pasalnya, air hujan memiliki sifat menyuburkan makhluk hidup sehingga air tersebut memungkinkan untuk memberikan efek kesuburan juga pada manusia.

Menyehatkan rambut

Sejak zaman dahulu, air hujan ternyata dipercaya dapat memperindah serta memberikan kesehatan pada rambut. Hal ini karena air hujan memiliki kadar PH yang netral sehingga terbebas dari garam, mineral, dan zat-zat lain yang buruk bagi rambut.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Sifat alkali atau basa pada air hujan ternyata mampu diserap tubuh dengan sempurna. Hasilnya, sifat alkali tersebut akan mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh serta meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, alkali juga berguna untuk menyeimbangkan PH darah sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh. []

SUMBER: IDN TIMES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline