, Hujan Tangis Warnai Pemindahan Pusara Pahlawan Nasional Tan Malaka, Seperti Apa Prosesinya?
Unik, Informatif , Inspiratif

Hujan Tangis Warnai Pemindahan Pusara Pahlawan Nasional Tan Malaka, Seperti Apa Prosesinya?

0
, Hujan Tangis Warnai Pemindahan Pusara Pahlawan Nasional Tan Malaka, Seperti Apa Prosesinya?
Foto: Republika

INSPIRADATA. Prosesi adat pemindahan makam Pahlawan Kemerdekaan Nasional Ibrahim Datuk Tan Malaka, diwarnai isak tangis para undangan di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Demikian disitat dari Tribunnews.com, Rabu (22/2/2017).

Ferizal Ridwan selaku Wakil Bupati Limapuluh Kota menjelaskan bahwa prosesi ini hanyalah simbolis saja.

“Dengan mengambil tanah pusara tersebut, itu sudah memenuhi unsur ketentuan adat,” ujar Ridwan.

Related Posts
1

Muslim New Delhi Makin Sulit Temukan Lahan untuk Pemakaman

Menurutnya dengan melakukan prosesi sakral adat, mereka tidak perlu memindahkan tulang belulang atau fosil, karena hal ini sudah sempurna dan terwakili.

“Sebelum pengambilan tanah, terlebih dahulu melakukan prosesi adat Minangkabau oleh para tetua adat, hal ini karena Ibrahim Datuk Tan Malaka merupakan raja di tanah kelahirannya,” ujar Ridwan.

Dia menjelaskan, tanah pusara yang diambil kemudian di bungkus kain kafan. Lalu dimasukan ke dalam peti besi yang diselimuti dengan bendera merah putih.

Tangisan tamu undangan pun pecah ketika riwayat singkat almarhum dibacakan. Disebutkan almarhum meninggal karena dieksekusi oleh rekan seperjuangannya akibat perbedaan pandangan.

Pusara Tan Malaka diketahui setelah peneliti asal Belanda Harry A Poeze menemukannya. Pusara ini di temukan di pemakaman umum Desa Selopanggung. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.