Unik, Informatif , Inspiratif

Hukum Pakai Alat KB agar Tidak Hamil?

0

DALAM Islam, istilah KB sama halnya dengan Tahdidun Nasl atau yang biasa disebut dengan istilah membatasi kelahiran. Jika diamati secara harfiah, sudah jelas bahwa hukum pakai alat KB menjadi terlarang karena bertentangan ajaran Islam. Baik dengan alasan tidak bisa mencari rezeki ataupun susah mengurus anak.

Seperti sebuah hadits yang dari Anas Bin Malik berikut ini:

Anas bin Malik berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam memerintahkan untuk menikah dan melarang keras untuk membujang dan berkata, “Nikahilah wanita yang sangat penyayang dan yang mudah beranak banyak karena aku akan berbangga dengan kalian dihadapan para nabi pada hari kiamat, ” (HR Ibnu Hibban).

BACA JUGA: Ibu Hamil Makan Nanas, Bolehkah?

Selanjutnya, hukum pakai alat  KB juga bisa disebut sebagai Tandzimun Nasl atau dalam arti lebih lugasnya yakni mengatur kelahiran.

Jika demikian, alat KB menjadi boleh dengan alasan kesehatan dan berdasarkan saran dokter yang terpercaya, berdasarkan fakta dan penelitian.

Allah Ta’ala berfirman,

“Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik,” (Al-Baqarah: 195).

BACA JUGA: Rontgen Gigi saat Hamil, Amankah?

Tentu saja, berdasarkan hadits dan ayat tersebut tentunya manusia sendiri harus mampu memberikan arah terhadap hukum dan ketetapan dalam aturan Islam yang telah jelas. []

Sumber: muslim.or.id


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.