Unik, Informatif , Inspiratif

Hukum Syara’ , Tahukah Anda?

0
, Hukum Syara’ , Tahukah Anda?
Foto: About Islam

INSPIRADATA. Hukum taklifi atau hukum yang ditibakan kepada orang yang sudah akil baligh dalam agama, secara mendasar adalah 5.

Wajib, Haram, Sunnah, Makruh, dan Mubah. Seringkali itu disebut pula hukum syara’

Antara Wajib atau fardlu dan Haram, kita pasti sudah tahu. Antara pahala dan dosa, ganjar dan siksa, baik dan buruk, diperintah mengerjakannya dan dilarang mengerjakannya. Perbedaan yang sangat mencolok dari kedua istilah itu.

Adapun Sunnah, sering kita luputkan dari pandangan dan orientasi beribadah. Padahal kaidah usul fiqih menyebutkan bahwa sunnah adalah pekerjaan yang dikerjakannya mendapat pahala dan ditinggalkannya boleh saja. Menjadi ‘tambal’ bagi kewajiban-kewajiban kita yang kurang optimal dalam pengerjaannya. Seperti Shalat rawatib baik ba’diyyah atau qobliyyah.

Sementara itu, Makruh adalah kewajiban dari Sunnah. Yang dalam pengerjaannya dilarang tapi tak berdosa, dan ditinggalkannya mendapat pahala. Seperti bersiwak setelah tergelincirnya matahari atau siang hari ketika puasa, dan lain-lain.

Antara Sunnah dan Makruh ini memang banyak sekali ragam dan tingkatannya, hampir-hampir ada yang mendekati derajat wajib dan haram, tergantung…

Dan terakhir adalah mubah atau wenang atau jaiz, dalam mengerjakan dan meninggalkan suatu perkara tidak ada pahala dan dosa yang mengikat. Tapi di samping itu, Mubah ini bisa saja menjuus kepada haram dan wajib.

Seperti makan, ketika makan itu bisa jadi wajib apabila kita sangat kelaparan yang mungkin bisa menyebabkan kematian, dan haram jika meninggalkan makan tersebut. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.