Unik, Informatif , Inspiratif

Ibu Hamil Makan Nanas, Bolehkah?

0

SIAPA yang tidak kenal buah Nanas. Buah yang kaya akan serat, vitamin C ini sangat baik bagi kesehatan tulang, otot dan saraf tubuh. Meski termasuk buah dengan banyak manfaat, ada larangan ibu hamil makan Nanas. Benarkah demikian?

Sebagian masyarakat memang meyakini bahwa ibu hamil makan Nanas dapat memberi efek negatif bagi kehamilan atau kandungannya. Agar tidak simpang siur, berikut penjelasan mengenai efek yang mungkin bisa terjadi pada ibu hamil yang mengonsumsi nanas.

BACA JUGA: Rontgen Gigi saat Hamil, Amankah?

Membantu proses persalinan

Nanas mengandung enzim bromelain yang diduga dapat membantu melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi. Namun, untuk mendapatkan efek bromelain tersebut, dibutuhkan 7 buah nanas untuk dikonsumsi. Namun mengonsumsi nanas dengan jumlah sebanyak itu bisa memicu diare. Tentunya ini kondisi menyebalkan yang terjadi saat persalinan.

Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung dugaan di atas.

Bantu atasi kecemasan

Merupakan hal wajar jika ibu hamil cemas selama menjalani masa kehamilan hingga mendekati kelahiran janin. Sebuah penelitian mengatakan, buah Nanas memiliki vitamin dan flavonoid. Zat-zat ini  dipercaya memiliki efek ansiolitik. Efek ini disebut-sebut mungkin bisa membantu meredakan kecemasan yang dirasakan para ibu yang sedang hamil baik itu anak pertama atau anak berikutnya.

BACA JUGA: Mimisan Saat Hamil, Bahaya?

Membuatmu keguguran atau lahir dini

Karena efeknya yang bisa memicu kontraksi, nanas kerap diduga bisa menyebabkan bayi lahirkan secara prematur atau bahkan mengalami keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi nanas di awal masa kehamilan.

Berdampak buruk pada kulit bayi

Menurut penelitian, mengonsumsi hidangan dari nanas yang panas, diduga bisa berdampak buruk pada kulit bayi atau reaksi alergi. Nanas yang dihidangkan dalam suhu panas bisa mengeluarkan racun yang bisa memicu dua hal tersebut.

Intinya, selama masa kehamilan, ibu hamil harus berhati-hati saat mengonsumsi nanas, khususnya pada usia awal kandungan. Hal ini juga berlaku untuk semua makanan. Karena jika berlebihan makan, maka efeknya selalu kurang baik. []

SUMBER: ALODOKTER


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline