Ibu-Ibu, Inilah yang Dibutuhkan Anak Perempuanmu (2)

14

kalimat-tayibah ibu-  - Ibu-Ibu, Inilah yang Dibutuhkan Anak Perempuanmu (2) -INSPIRADATA. Ibu adalah guru pertama dan utama bagi perkembangan anak. Khususnya ketika anak berada di masa ‘golden age’ dari 0 hingga usianya yang ke-6 tahun. Pada rentang usia tersebut, anak membutuhkan banyak stimulasi serta pembelajaran berharga dari kedua orang tuanya. Dan, hubungan antara orang tua dan anak tadi harus tetap berjalan baik hingga mereka beranjak dewasa.

Perlakuan orang tua terhadap anak laki-laki dan anak perempuan tentu agak sedirikit berbeda. Untuk mencapai pertumbuhan yang baik, pola pengasuhan orang tua sangat menentukan. Jika anak anda perempuan mereka butuh beberapa hal yang harus anda penuhi sebagai orang tuanya.

Menurut Dr Irni Fatma Satyawati, dari laman Aldokter, berikut ini kebutuhan-kebutuhan anak perempuan yang harus dipenuhi orang tua, khususnya ibu:

Dorongan dan motivasi. Anak yang tumbuh menjadi percaya diri, siap bersaing dengan lingkungan secara positif dan mampu berkreasi sesuai dengan minat bakatnya. Di balik itu terdapat dorongan, motivasi dan support luar biasa dari orang tua, khususnya seorang ibu.

Kepercayaan. Sedari kecil anak sudah memiliki kebutuhan untuk dihargai. Beranjak dewasa kebutuhan ini akan terus berkembang, seperti adanya keinginan untuk tidak tergantung pada orang tua, tidak dibatasi dan dapat mengambil keputusan bagi dirinya sendiri. Yang ia butuhkan adalah kepercayaan Anda.

Barang kenangan. Seringkali ibu ingin setiap saat dapat melakukan hal-hal ‘terbaik’ untuk anaknya. Tidak hanya bekal pembelajaran dalam hidup tapi juga kenang-kenangan penting yang diteruskan secara turun temurun kepada anak. Biasanya hal ini dilakukan ibu kepada anak perempuannya lewat benda-benda seperti perhiasan, buku resep, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya.

Komunikasi. Di era digital, gadget seringkali jadi penghambat komunikasi antara anak dan orang tuanya. Kesibukan orang tua seringkali digantikan dengan penggunaan gadget sebagai komunikasi, yang justru malah mengurangi kualitas komunikasi antar keduanya. Hal ini sebaiknya tidak menjadi kebiasaan, karena komunikasi yang baik dan berkualitas dapat terjadi jika dua orang atau lebih saling bertatap muka secara langsung dan berbincang satu sama lain. Dan inilah yang dibutuhkan anak Anda.

Teladan yang baik. Ingatlah mendidik anak perempuan bukan hanya soal teori. Tetapi teladan Anda berperang penting di dalamnya. Ingin anak gadis Anda bertutur halus, maka contohkan lewat sikap Anda sehari-hari. Ingin mereka pintar memasak, ajarkan anak cara memasak. Perilaku Anda adalah guru pertama bagi anak gadis Anda, oleh karenanya ibu sebagai orang tua haruslah jadi teladan bagi mereka.[]

(Visited 1 times, 1 visits today)
loading...
loading...