Inspirasi dan Data

Ibu, Inilah yang Dibutuhkan Anak Perempuanmu (1)

0 737

kalimat-tayibah ibu-  - Ibu, Inilah yang Dibutuhkan Anak Perempuanmu (1) -INSPIRADATA. Ibu adalah guru pertama dan utama bagi perkembangan anak. Khususnya ketika anak berada di masa ‘golden age’ dari 0 hingga usianya yang ke-6 tahun. Pada rentang usia tersebut, anak membutuhkan banyak stimulasi serta pembelajaran berharga dari kedua orang tuanya. Dan, hubungan antara orang tua dan anak tadi harus tetap berjalan baik hingga mereka beranjak dewasa.

Perlakuan orang tua terhadap anak laki-laki dan anak perempuan tentu agak sedirikit berbeda. Untuk mencapai pertumbuhan yang baik, pola pengasuhan orang tua sangat menentukan. Jika anak anda perempuan mereka butuh beberapa hal yang harus anda penuhi sebagai orang tuanya.

Menurut Dr Irni Fatma Satyawati, dari laman Aldokter, berikut ini kebutuhan-kebutuhan anak perempuan yang harus dipenuhi orang tua, khususnya ibu:

  1. Dasar pendidikan agama. Agama menjadi sangat penting, karena di dalamnya terdapat aturan-aturan dasar kebaikan dan keburukan yang telah ditetapkan. Bahkan ada beberapa aturan yang memang dikhususkan untuk anak perempuan, sedari kecil hingga mereka dewasa. Pembelajaran tentang ibadah, menjaga diri hingga bagaimana seorang perempuan harus bersikap, semua telah diatur secara jelas.
  2. Pembelajaran tentang perempuan. Pandangan masyarakat menempatkan perempuan dalam tatanan tertentu dengan peran yang jelas. Seperti contoh, ibu yang mengatur rumah tangga, istri yang melayani suami, dan lain sebagainya. Seorang anak perempuan tumbuh mempelajari hal-hal yang perlu ia ketahui untuk mempersiapkan dirinya dalam perannya di masyarakat kelak.
  3. Pelukan. Anak, khusunya anak perempuan membutuhkan kenyamanan dan keamanan dari pelukan ibunya. Ada maupun tidak ‘masalah’ dalam hidup mereka, pelukan ibu selalu menjadi hal yang dirindukan oleh sang anak.
  4. Kehangatan. Kehangatan seorang Ibu dapat membuat anak selalu rindu pulang ke rumah. Ibu yang mampu membuat anak selalu merasa nyaman untuk berkeluh kesah dan penuh kehangatan akan selalu dirindukan anak-anaknya.
  5. Kasih sayang. Pelukan dan kecupan adalah hal-hal yang harus dilakukan ibu setiap hari. Jangan dihitung berapa banyak pelukan yang telah Anda berikan, lakukan setiap saat karena Anda ingin melakukannya, dan lihat efek positif yang terjadi pada anak.[]
loading...
loading...
Comments
Loading...