ibu pengidap diabetes tidak bis hamil
Foto: Health Aim

Ibu Pengidap Diabetes Tidak Bisa Hamil? Ini Penjelasannya

Wanita yang mengidap diabetes tidak bisa hamil? Kabar tidak bisa hamil bagi ibu penderita diabetes sering menjadi momok yang sangat menakutkan. Apalagi bagi wanita yang sudah menanti kehadiran momongan.

Info seperti ini ada karena komplikasi kehamilan pada wanita pengidap diabetes cukup tinggi. Lalu benarkah informasi tersebut?

Dilansir vemale.com dari newkidscenter.com, wanita pengidap diabetes tetap bisa hamil dan melahirkan bayi secara normal. Namun yang berbeda adalah dalam sejumlah perawatannya yang perlu diperhatikan.

Komplikasi yang paling umum yang terjadi pada penderita diabetes adalah berpengaruhnya kesehatan ginjal, mata, dan sistem saraf. Maka, ibu harus selalu berkonsultasi rutin dengan dokter selama kehamilan.

Bayi yang dikandung ibu pengidap diabetes pun berisiko mengalami sejumlah komplikasi. Seperti kadar gula darah yang tinggi yang menyebabkan penumpukan lemak di bahu, kadar gula darah yang rendah setelah dilahirkan, penyakit kuning, dan risiko obesitas atau mengalami diabetes saat dewasa nanti. Penting untuk memahami kemungkinan terjadinya komplikasi tersebut agar ibu lebih waspada dan berhati-hati selama menjaga kehamilan.

Selama kadar gula darah selalu dicek rutin dan stabil selama sebelum, selama, dan sesudah kehamilan, risiko komplikasi bisa diperkecil. Cek medis harus dilakukan secara rutin, berkonsultasi dengan dokter harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, atur pola makan, olahraga rutin juga perlu dilakukan setidaknya 30 menit sehari, konsumsi suplemen sesuai resep dari dokter bila perlu, dan kelola stres.

Seorang wanita pengidap diabetes masih bisa hamil. Risiko terjadinya komplikasi dan masalah kesehatan memang ada. Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu saat akan merencanakan kehamilan. Jika memang memungkinkan untuk hamil, pengecekan medis rutin juga jangan sampai dilewatkan. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *