Foto: Google Images

Idul Fitri, Manfaatkan Media Sosial untuk Silaturahmi

Sekretaris Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh menyarankan warga memanfaatkan media sosial untuk silaturahmi. Menurutnya, hakekatnya sama-sama untuk tak memutus hubungan antarsesama.

“Senantiasa mengupayakan secara aktif untuk menyambung persaudaraan terhadap orang yang memutusnya. Ini butuh jiwa lapang dada,” kata Asrorun dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Detik.

BACA JUGA: Ini yang Dilakukan Rasulullah SAW saat Rayakan Idul Fitri

“Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, banyak sarana untuk memudahkan silaturahmi. Media sosial sebagai produk budaya perlu didayagunakan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan kebangsaan,” jelasnya.

Selama ini, lanjut Asrorun, media sosial justru banyak disalahgunakan. Seperti digunakan sebagai ajang saling mencaci, membully, menyebarkan fitnah, hingga membangun permusuhan.

“Akibat salah menggunakan media sosial bisa menghanguskan pahala puasa kita. Pastikan media sosial untuk kemaslahatan dan kebaikan, merajut persaudaraan, bukan untuk menebar gosip, hoax, fitnah, dan adu domba,” tuturnya.

Lebih lanjut, Asrorun menambahkan apabila akan menyebar informasi dari medsos harus memastikan lebih dulu informasi tersebut benar dan akan bermanfaat.

BACA JUGA: Tinggalkan Sejenak Media Sosial dan Rasakan Beberapa Manfaatnya

“Pastikan informasi tersebut benar, bermanfaat, dan tepat baik waktu maupun tempat. Yang tak kalah penting, pastikan bahwa info yang akan kita sebar tidak menyakiti orang lain,” pungkasnya. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

ibadah hari raya idul adha

Fikih seputar Lebaran, dari Malam Takbiran hingga Shalat Ied

Fikih Lebaran di sini maksudnya adalah sejumlah hukum syara’ yang terkait dengan hari raya Idul Fitri, baik sebelum, pada saat, maupun sesudah shalat Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *