Unik, Informatif , Inspiratif

Ilmuwan China Bikin Emas dari Tembaga

0

Tak hanya dari pertambangan, emas pun dapat didapatkan dari hasil penelitian. Campuran bahan kimia yang dapat menghasilkan emas.

Ilmuwan China satu ini mengungkap sebuah penelitian baru, membentuk alkimia dengan mengubah tembaga menjadi bahan baru yang hampir identik dengan emas.

BACA JUGA: Makin Lama Bercermin Bakal Makin Cemas

Melansir Nextshark, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Science Advances dilakukan oleh tim peneliti China di Institut Fisika Kimia Dalian, Akademi Ilmu Pengetahuan China di Dalian, Provinsi Liaoning, China.

Menurut tim peneliti, temuan mereka akan secara signifikan membantu mengurangi penggunaan logam langka dan mahal di pabrik.

Profesor DICP, Sun Jian dan rekan-rekannya dilaporkan dapat meniru beberapa sifat seperti emas dengan menembakkan jet gas argon yang panas dan bermuatan listrik ke sasaran tembaga.

Proses ini dilaporkan memungkinkan partikel terionisasi yang bergerak cepat untuk melepaskan atom tembaga dari target. Ketika atom-atom mendingin dan mengembun di permukaan alat pengumpul, lapisan tipis pasir dihasilkan.

Setiap butir pasir yang dihasilkan sangat kecil sehingga memiliki diameter hanya beberapa nanometer yang setara dengan seperseribu ukuran bakteri. Bahan pasir yang dihasilkan kemudian ditempatkan di ruang reaksi dan menggunakannya sebagai katalis untuk mengubah batubara menjadi alkohol.

BACA JUGA: Berinvestasi, Kalung Emas Putih atau Kuning ya?

Proses kimia semacam itu dianggap sangat canggih dan sulit sehingga hanya logam mulia yang dapat menangani tugas seperti itu secara efisien. Nanopartikel tembaga mencapai kinerja katalitik yang sangat mirip dengan emas atau perak.

Hasilnya pun membuktikan bahwa setelah diproses, tembaga logam dapat berubah. Sementara bahan baru tidak dimaksudkan untuk membuat uang emas karena kepadatannya tetap sama dengan tembaga biasa. Itu dapat digunakan sebagai alternatif untuk emas dalam produksi perangkat elektronik. []

SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline