Unik, Informatif , Inspiratif

Ilmuwan Ciptakan Teknologi Penghapus Ingatan, Ini Kegunaannya

0

Jika Anda pernah menonton film Men In Black, Anda pasti tahu tentang sebuah alat yang bisa menghilangkan ingatan untuk beberapa waktu ke belakang. Alat seperti itu kini tidak hanya ada di dunia perfilman. Berkat para ilmuwan, alat penghapus ingatan tersebut akhirnya tercipta.

Para ilmuwan mengembangkan cara untuk mencegah Artificial Intelligence (AI) mengambil alih kontrol manusia. Mesin AI nantinya mampu mempelajari kegiatan mereka untuk meningkatkan kemampuannya sendiri. Menurut para ahli mesin AI bisa menjadi ‘tidak dapat dihentikan’.

Terinspirasi dari film Men In Black, tim peneliti AI saat ini telah mengembangkan sebuah sistem penghapus ingatan, ‘neuralyzer’. Sistem tersebut akan mengambil alih AI dengan menghapus bagian-bagian ingatannya, tanpa mengacaukan daya belajar mereka.

“AI akan selalu berusaha untuk menghindari campur tangan manusia dan membuat situasi menjadi tidak dapat dihentikan,” kata rekan penulis Rachid Guerraoui, seorang profesor di EPFL’s Distributed Programming Laboratory.

Guerraoui menuturkan bahwa tantangan utamanya bukanlah untuk menghentikan robot, melainkan untuk memprogramnya, sehingga sistem tersebut tidak mengganggu proses belajarnya. Tantangan lainnya, yaitu tidak mendorong robot mengoptimalkan tindakannya untuk menolak sistem.

Sebelumnya, para peneliti telah berupaya untuk mengatasi masalah ini dalam skala yang kecil pada satu robot. Namun, dengan mobil self-driving dan perangkat lain yang terhubung, permasalahan menjadi jauh lebih rumit. []

Sumber: antvklik.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.