Foto: elsetge.cat

Ilmuwan Nyentrik di Film 3 IDIOTS Itu Nyata Loh

3 IDIOTS, Salah satu film paling sukses dalam sejarah Bollywood. Dibintangi Aamir Khan dan  Kareena Kapoor. Dalam film ini, Aamir memerankan karakter Phunsukh Wangdu, seorang mahasiswa nyentrik namun amat cerdas dan punya banyak ide brilian.

Tak banyak yang tahu bahwa film 3 IDIOTS terinspirasi dari sosok nyata bernama Sonam Wangchuk. Ia adalah seorang insinyur teknik mesin yang tinggal di kawasan Ladakh, Pegunungan Himalaya.

Sama seperti karakter yang diperankan oleh Aamir Khan di 3 IDIOTS, Sonam Wangchuk adalah seorang ilmuwan yang nyentrik dan punya cara sendiri untuk mengajar anak-anak.

Sepanjang hidupnya, Sonam melakukan banyak penelitian dan penemuan, dan baru-baru ini ia mendapatkan penghargaan Rolex Award for Enterprise karena usahanya untuk menyediakan pasokan air bagi warga Ladakh di musim kering.

Seperti karakternya di 3 IDIOTS, Sonam di dunia nyata pun bercita-cita untuk mengubah sistem pendidikan. Ia memulainya dengan memberikan pelajaran bagi mahasiswa yang kerap gagal ujian namun ia melihat bahwa sebenarnya mereka punya potensi yang amat besar.

Sonam mengajari para mahasiswa ini pelajaran yang bisa memberikan manfaat untuk orang banyak. Ia tak mau orang yang ia ajari hanya jadi sekedar insinyur, tapi tak punya kemampuan apa-apa.

Di ending 3 IDIOTS,  Punsukh dikisahkan punya sekolah sendiri di kawasan Himalaya. Demikian pula dengan Sonam, yang usai menyelesaikan kuliahnya memilih pulang ke Ladakh dan mendirikan sekolah bernama Students Educational and Cultural Movement of Ladakh (SECMOL).

Sekolah ini berdiri dengan memanfaatkan sumber daya matahari sepenuhnya. Untuk semua keperluan, mulai dari listrik sampai penghangat ruangan, semua memakai energi matahari.

Sekolah ini sukses memenangkan Terra Awards 2016 untuk kategori bangunan terbaik. Dibangun dengan teknik tradisional yang sederhana dan murah, namun sekolah ini bisa memanfaatkan tenaga matahari dengan sangat baik dan membuat siswa belajar dengan tenang di ruangan yang hangat meski suhu udara di luar bisa mencapai -30 derajat celcius.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *