Unik, Informatif , Inspiratif

Ilmuwan: Sel Darah Merah Pun Bisa Produksi Plastik

0

Ilmuwan menemukan fungsi lain dari sel darah merah. Selain sebagai saluran oksigen, sel darah merah pun dapat memproduksi plastik.

Peneliti Universitas Melbourne Australia, Greg Qiao bersama koleganya, menjelaskan dalam penelitian awal mereka, sel darah merah bisa menjalankan peran polimerisasi.

BACA JUGA: Penelitian: Milkshake Punya Dampak pada Darah

Dikutip dari Nature, Sabtu (23/6/2018), plastik dibuat dengan melibatkan rantai panjang molekul kecil. Rantai proses ini disebut sebagai polimerisasi. Dalam pengertian sederhana, polimerisasi merupakan reaksi kimia yang menggabungkan dua molekul kecil atau lebih untuk membentuk molekul yang lebih besar yang disebut polimer.

Peneliti menemukan sel darah merah ternyata menyimpan bahan utama untuk polimerisasi.

Dalam eksperimennya, Qiao dan timnya mengembangkan sebuah teknik yang menggunakan radikal hidroksil, sejenis kelompok kimia yang terbuat dari oksigen dan hidrogen. Di tangan tim ilmuwan itu, radikal hidroksil difungsikan untuk membentuk polimerisasi yang lebih canggih.

BACA JUGA: Darah Merah Muda, Apakah dianggap Darah Haid?

Untuk menghasilkan radikal tersebut dari sumber daya sel darah, peneliti mencampur darah domba dengan enzim dan subunit molekuler dari satu jenis plastik. Selain itu, peneliti juga mencampurkan bahan lainnya.

Nah ternyata, enzim yang dipakai itu mengubah oksigen dalam darah menjadi hidrogen peroksida yang selanjutnya beraksi dengan besi dalam sel darah merah.

Reaksi tersebut membentuk radikal hidroksil yang kemudian memicu polimerisasi untuk membentuk plastik.

BACA JUGA: Sistem Darah dan Bekam, Apa Hubungannya?

Dengan hasil tersebut, tim peneliti Universitas Melbourne mengatakan, teknik produksi plastik dari sel darah ini membuka pintu manipulasi sel dan jaringan non invasif. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline